Jangan Salah Pilih, Ini Cara Tepat Memilih Menu Buka Puasa

Menu Buka Puasa

Ketika tiba waktunya berbuka, biasanya orang akan menginginkan banyak hal. Rasanya semua makanan dan minuman yang mengenyangkan, menyegarkan, hingga tampak lezat ingin dilahap. Alhasil, orang cenderung tidak memperhatikan faktor kesehatan dan keuangan saat memilih menu buka puasa.

Idealnya, untuk bisa berpuasa sebulan dibutuhkan kesehatan tubuh yang prima dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tapi realitanya justru sebaliknya. Semangat puasa semakin hari semakin pudar karena kelelahan, kurang energi, hingga risiko sakit. Begitu juga dari sisi keuangan yang relatif lebih boros di Bulan Ramadhan.

Nah, untuk membantu Anda menjaga kesehatan, keuangan, dan tetap semangat selama menjalankan ibadah puasa ini coba simak ulasan berikut. Ada beberapa tips memilih menu buka puasa yang tepat dan mudah dilakukan. Antara lain :

1. Ikuti Anjuran Rasulullah SAW
Rasulullah SAW menganjurkan memakan buah kurma ketika berbuka puasa karena sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gula murni di dalam kurma akan membantu meningkatkan energi. Jika tidak suka atau sulit menemukan kurma, bisa diganti dengan madu.

Untuk itu alangkah baiknya saat belanja persiapan Ramadhan, sediakan juga kurma, madu, atau makanan sehat lainnya di rumah. Makanan ini relatif terjangkau karena sering dijual promo ketika Ramadhan tiba. Anda bisa cek harga toko online favorit atau melalui ShopBack. Di sini belanja kebutuhan jadi lebih hemat, karena bisa menemukan promo sekaligus cashback di setiap transaksi di sini.
.
2. Beli atau Masak Secukupnya
Jangan kalap dan mudah tergoda berbagai penawaran saat buka puasa. Ingat, bahwa bentuk dan warna makanan tidak menjamin aman dan baik dikonsumsi. Beli makanan berbuka secukupnya dan pastikan itu menu sehat dan lezat. Anda bisa membuat daftar takjil atau makanan yang ingin dibeli, untuk membantu tetap hemat dan tepat memilih.
Begitu juga saat memutuskan memasak sendiri. Buatlah menu favorit secukupnya untuk berbuka atau sekalian untuk sahur nanti. Berlebihan berisiko pemborosan dan bahkan dibuang jika tidak ada yang menghabiskan makanan. Untuk menghindari bosan, Anda bisa membuat daftar menu sehat yang berbeda-beda setiap hari, sesuai dengan bahan makanan yang tersedia atau dibeli sebelumnya. 


Promo Ramadhan
 
BACA JUGA : Cara Membuat Es Buah

3. Kurangi Makanan Gorengan
Aneka gorengan memang menjadi salah satu menu nikmat dan disukai banyak orang saat berbuka puasa. Jika Anda salah satunya, tetap perhatikan porsi dan waktu. Sesekali boleh makan gorengan, tapi sebisa mungkin dikurangi atau dihindari. Mengkonsumsi makanan ini terlalu sering tidak baik bagi kesehatan, berisiko meningkatkan asam lambung, mengandung kalori tinggi, dan sebagainya.

Lebih bijaklah dalam memilih makanan berbuka, demi kesehatan dan kebaikan Anda sendiri. Perbanyak makanan sehat dan bergizi seperti sayur, buah, dan lain-lain. Anda bisa menyediakan aneka camilan sehat, untuk menggantikan menu gorengan ini. Misalnya, biskuit, salad, dan masih banyak lagi.

4. Utamakan Makanan Sehat yang Hemat
Saat ini sudah banyak makanan sehat yang dijual dengan harga hemat. Mulai dari bahan makanan segar hingga jasa antara makanan siap saji mudah ditemukan. Jika tidak percaya coba buka ShopBack. Di sini Anda akan menemukan puluhan merchant yang menjual makanan sehat dan bergizi, dengan harga promo. Anda pun bisa lebih berhemat lagi jika membeli lewat ShopBack, karena akan mendapatkan cashback hingga 30% untuk setiap transaksi.

Makanan sehat ini bisa Anda beli jadi atau masak sendiri di rumah. Untuk resep masakan sehat, coba cari di Google atau YouTube. Makanan yang sehat sangatlah penting, demi kelancaran puasa dan kesehatan tubuh Anda sendiri.


5. Jadikan Minuman Dingin Pilihan Terakhir
Pasti segar buka puasa diawali dengan minum es. Namun, cara satu ini justru tidak dianjurkan dan tidak baik untuk kesehatan. Es membuat efek keterkejutan pada tubuh yang seharian berpuasa. Bila kondisi tubuh tidak fit, maka akan menimbulkan rasa lemas, batuk, pilek, demam, pusing, dan sebagainya.

Untuk itu jangan langsung minum es saat berbuka. Utamakan minum air mineral dengan suhu normal terlebih dahulu. Setelah itu, baru bisa mencoba minuman dingin dan manis yang menyegarkan. Anda juga bisa minum air kelapa murni tanpa gula dan tidak dingin, jika merasa bosan.

Jika kita bisa bijak dan memilih makanan berbuka yang sehat, hemat, dan lezat, tentu menjalankan ibadah puasa akan penuh semangat, serta kuat. Semoga berbagai usaha kita untuk memberikan yang terbaik di Bulan Ramadhan ini menjadi berkah untuk diri sendiri dan sesama.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)