Ini Dia Rahasia Untuk Merawat Rambut Kering

Rambut adalah mahkota bagi wanita, namun tidak semua wanita dikarunia dengan rambut yang sehat dan berkilau, pasalnya banyak wanita yang tidak tahu merawatnya. Sebanarnya ada rahasia dan Cara Agar Rambut Tidak Kering, bercabang dan rontok. 

Cara Agar Rambut Tidak Kering

Bagi kalian para wanita yang tidak dianugrahi dengan rambut yang sehat sedari lahir, jangan berkecil hati dulu karena ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi beberapa kekurangan atau kelemahan tersebut.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya bila kita tahu dulu apa penyebab dari berbagai masalah itu. Rambut lama kelamaan menjadi kering ketika batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga helai rambut menjadi rapuh dan bercabang.

Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai hal, di antaranya penyakit, kekurangan gizi, menggunakan produk rambut yang mengandung bahan aktif terlalu keras, berlebihan mencuci rambut, terlalu sering terkena air yang mengandung klorin, atau terlalu sering menggunakan peralatan styling rambut yang panas, seperti alat catok atau pengeriting rambut. Rambut kering bisa juga disebabkan oleh pewarnaan rambut yang terlalu sering.

Nah, setelah tahu apa penyebab rambut menjadi kering, yuk mari kita simak cara mencegah dan mengatasi hal itu.

1. Jangan Cuci Rambut Terlalu Sering
Mencuci rambut terlalu sering juga tidak bagus untuk kesehatan kulit kepala dan rambut, pasalnya mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini justru membuat rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut Anda.

2. Perhatikan Produk Rambut Yang Dipakai
Sebelum menggunakan produk perawatan rambut akan lebih baik bila melihat dulu komposisi yang ada didalamnya. Jangan gunakan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon sendiri dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Sementara untuk alkohol dapat membuat rambut ‘dehidrasi’. Produk rambut yang mengandung sulfat juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan produk rambut yang mengandung bahan organik dan tentunya dapat merawat rambut yang kering dengan kandungan pelembap.

3. Rapikan Rambut
Selain membuat tampilan menjadi lebih segar, memotong rambut terutama diujungnya juga merupakan rahasia untuk membuat rambut tidak kering dan rusak. Sebab, salah satu ciri dari rambut kering adalah ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali di salon.

4. Cara Pakai Sampo & Kondisioner Yang Benar
Perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan sampo dan kondisioner rambut. Saat Anda sedang menggunakan sampo, cara mengatasi rambut kering yang benar adalah dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama dan pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini dikarenakan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana. Untuk pemakaian kondisioner gunakanlah di ujung rambut dan hindari pangkal rambut, karena akar rambut dapat menjadi berminyak.

5. Masker Rambut Juga Perlu
Untuk membuat rambut menjadi sehat dan kuat, juga bisa menggunakan masker rambut yang berguna untuk menambah kelembaban permukaan rambut. Beberapa ahli meyarankan untuk memakai masker rambut setidaknya 1 sampai 2 kali dalam seminggu. masker rambut bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami atau bila tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan masker rambut yang ada di pasaran. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)