Cara Membuat Nugget Tahu, Camilan Sehat Dan Bergizi

Olahan makanan dari tahu memang digemari masyarakat Indonesia dan juga lumayan mudah dibuatnya, selain mudah camilan ini juga sehat dan punya banyak kandungan gizi sehingga pas untuk dijadikan camilan bagi anak-anak di rumah.  Nugget biasanya terbuat dari daging ayam, atau daging ikan. Namun dengan inovasi dan eksperimen ternyata nugget juga bisa dibuat dengan bahan utama tahu yang dicampur dengan sayuran, cara membuat nugget tahu ini juga mudah jadi bisa kalian coba di rumah . 

Cara Membuat Nugget Tahu

Sayuran memang salah satu sumber makanan yang wajib dikonsumsi untuk kebutuhann gizi kita setiap hari. Tetapi kadangkala ada rasa malas di hati untuk membuat sayuran yang enak dan lezat buat keluarga. Selain itu, anak-anak juga sering bosan dan banyak diantara mereka yang susah makan sayur. Salah satu cara agar anak suka memakan sayur-sayuran adalah dengan mengkreasikannya, dan dengan membuat nugget tahu anak pasti akan lebih suka memakannya, karena bentuk dan rasanya sudah berubah namun kandungan gizi dan vitaminnya tak banyak berkurang.

Lalu kenapa harus tahu? Karena Tahu terkenal punya banyak kandungan protein, selain itu tahu juga murah dan mudah, tahu banyak dijual dipasar tradisional bahkan di supermarket modern di Indonesia. Mayoritas masyarakat Indonesia pun pasti suka dengan makanan satu ini.

Nugget tahu bisa dikonsumsi sebagai lauk atau sebagai camilan dirumah, karena sehat nugget tahu cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk membuat nugget tahu yang sehat inipun tergolong mudah, tinggal siapkan beberapa bahan- bahan seperti dibawah ini:

7 buah tahu putih
7 sdm terigu
2 butir telur
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 buah wortel (saya parut pakai parutan keju)
1 batang daun bawang
1 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
Lada secukup nya
Penyedap rasa secukupnya

Sedang kanuntuk bahan pelapisnya, tinggal siapkan :

2 butir telur dikocok lepas
Tepung roti secukupnya

Kalo semua bahan sudah siap, tinggal membuat nugget tahu sehat, dengan cara :

Iris-iris bawang putih, daun bawang dan bawang bombay. Tumis dengan sedikit minyak goreng sampai harum. Sisihkan.
Siapkan wadah, lalu masukkan tahu, telur, gula garam, lada, garam dan penyedap rasa.
Tambahkan tumisan bawang ke dalam wadah berisi tahu tadi. Lalu aduk-aduk sampai tercampur rata.
Masukkan parutan wortel dan tepung terigu. Aduk lagi sampai rata.
Kukus adonan ini dalam loyang selama 15-20 menit. Setelah matang, diamkan sampai dingin dan kemudian potong-potong sesuai selera.
Celupkan potongan nugget tahu ke dalam kocokan telur lalu balurkan ke tepung roti. lakukan untuk semua potongan nugget sampai habis.
Diamkan sejenak di kulkas setelah itu nugget tahu siap di goreng
Nugget tahu sudah jadi dan siap disantap, Setelah selesai digoreng, nugget tahu wortel diatas bisa langsung disantap bersama dengan saus mayonise, cabai atau saus cabai sesuai selera.

Nah bagi yang belum tahu, Berdasarkan penelitian terbaru, tahu banyak mengandung kandungan gizi yang baik. Sebut saja protein nabati yang lebih sehat untuk penderita kolesterol tinggi daripada protein hewani yang ditemukan di daging.

Tidak terlalu susah kan untuk membuat nugget tahu yang enak dan bergizi. Disamping membuat lebih berselera, nugget tahu juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang agak lama. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)