Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda


Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan nama Virgin Coconut Oil (VCO) mulai populer dikalangan masyarakat. Tak hanya sebagai keperluan memasak saja, VCO telah digunakan untuk kepentingan lain seperti kesehatan dan kecantikan. Tentu jenis minyak yang digunakan merupakan VCO murni tanpa bahan bahan kimia dan suhu yang tinggi. Apa saja kandungan yang bermanfaat dalam ekstrak alami dari minyak kelapa murni ini? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

Kandungan minyak kelapa murni yang baik untuk kesehatan
Minyak kelapa memang disarankan untuk tidak diolah menggunakan bahan kimia. Hal ini berfungsi untuk menjaga kandungan phenolic yang bisa bermanfaat sebagai antioksidan tidak rusak. Selain itu, terdapat pula senyawa asam laurat, kaprilat dan kaprat pada minyak VCO yang berguna menunjang pertumbuhan probiotik pada sistem pencernaan tubuh. Kandungan ini pula yang akan membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab masalah kesehatan. Secara detail, berikut beberapa manfaat VCO bagi kesehatan Anda.

1.      Mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung
Kandungan polifenol pada VCO bisa mencegah terjadinya masalah aterosklerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak. Setidaknya mengkonsumsi minyak VCO bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

2.      Mendukung program diet
Bagi orang yang selalu mengalami kesulitan masalah menurunkan berat badan, wajib tahu mengenai menu diet minyak VCO ini. Pasalnya, minyak VCO bisa menstimulasi metabolisme tubuh sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

Minyak VCO ini terdiri dari asam lemak rantai sedang yang mudah dibakar tubuh menjadi energi. Penumpukan lemak pada perut lebih mudah dibakar dengan mengkonsumsi minyak VCO.Tentu Anda tetap harus mengimbangi program diet tersebut dengan pola hidup sehat, menu makan seimbang dan rutin berolahraga, ya!

3.      Bisa mengurangi lemak jahat dalam tubuh
Hingga saat ini, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh. Meski belum ada penelitian lebih lanjut terkait dampak signifikan minyak VCO pada penderita kolesterol, setidaknya konsumsi VCO bisa memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah lebih baik lagi.

4.      Mencegah masalah osteoporosis
Konsumsi minyak VCO dipercaya bisa meningkatkan penyerapan vitamin berupa kalsium dan magnesium oleh tubuh. Asupan kalsium yang cukup akan membuat kepadatan tulang lebih kuat. Anda bisa meminimalisir risiko gejala pengeroposan tulang lebih baik dibandingkan tidak mengkonsumsi minyak VCO murni.

5.      Mencegah penyakit karies gigi dan gusi
Metode meneteskan minyak kelapa pada karies gigi efektif mengikis lapisan plak gigi dan mencegah pembentukan plak baru. Selain itu, minyak murni ini bisa mengurangi risiko pembusukan gigi dan gusi berdarah.

6.      Menstabilkan gula darah
Pada penderita diabetes tipe 2, konsumsi minyak VCO bisa  meningkatkan sensitivitas insulin. Menu harian yang diperkaya kandungan MCT terbukti bisa meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak tubuh.

7.      Bisa mencegah perkembangan sel kanker
Kandungan asam lemak rantai sedang atau MCT pada minyak VCO akan lebih mudah diserap hati dan dimetabolisme tubuh lebih cepat. Asam lemak ini pula yang akan diolah menjadi keton yang bisa bertindak sebagai penghalang pertumbuhan sel kanker.

Tentu masih ada banyak manfaat VCO bagi kesehatan tubuh seperti memelihara kesehatan rambut serta kulit. Tak heran kalau minyak kelapa menjadi bahan utama produk kosmetik yang berurusan dengan kecantikan wanita. Ekstrak minyak ini bisa mengatasi permasalahan jerawat dan pelembab alami kulit. Bahkan, minyak ini bisa mengobati masalah kulis seperti eksim dan psoriasis. Jadi, sudahkah Anda mengganti konsumsi harian menggunakan minyak VCO yang lebih menyehatkan?

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)