Tips Modif Mobil Hingga Hemat Bensin

Modif Mobil


Siapa yang tak ingin mobil kesayangannya terlihat kece dan performanya menjadi bagus? Modifikasi mobil pun menjadi salah satu caranya. Tingkatannya beragam, mulai dari modif ringan dari segi tampilan hingga ekstrem modif performa mesin yang bisa berpengaruh dari penggunaan bahan bakar hemat bensin

Memang ada kesenangan sendiri melihat mobil kesayangan berubah menjadi bagus dan nyaman ketika digunakan. Selain itu, perlu diingat, modifikasi pun ada konsekuensinya juga, lho, salah satunya bisa menghilangkan garansi asuransi mobil murah. Asuransi ini penting untuk melindungi mobil Anda dari kecelakaan, pencurian, atau hal-hal buruk lainnya. Jangan sampai, mobil Anda sudah terlihat keren, namun tidak terlindungi dengan baik.


Nah, sebelum memodifikasi mobil, yuk perhatikan beberapa hal ini.


1. Mempunyai Alasan Yang Kuat

Sebelum membayangkan warna apa yang cocok untuk mobil Anda, pastikan Anda mempunyai alasan yang kuat untuk memodifikasi mobil. Jangan hanya ingin terlihat keren, tapi pastikan juga modifikasi ini membuat mobil Anda aman dan nyaman untuk dikendarai. Jika modifikasi mobil ini hanya untuk bergaya semata, mungkin Anda perlu memikirkan ulang alasannya kembali. Anda harus memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang juga pengguna jalan lainnya. Contohnya seperti mengganti knalpot menjadi knalpot yang suaranya lebih berisik. 


2. Tentukan Tema atau Konsep Modifikasi

Jika Anda sudah memiliki alasan yang kuat, langkah selanjutnya adalah menentukan tema atau konsep yang Anda pilih untuk modifikasi mobil. Hal ini dilakukan agar Anda tidak bingung saat memilih desain atau barangnya. Ini juga menghindari Anda dari tabrakan satu tema dengan tema lain. Banyak tema yang bisa dipilih, ada sporty, retro, elegan, atau gothic.


3. Hitung Budget

Tidak dipungkiri, modifikasi mobil akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ada baiknya Anda melakukan budgeting agar pengeluaran lebih terkontrol dan Anda juga bisa memperkirakan besaran biaya yang harus disiapkan. Sebenarnya, mendandani mobil menjadi keren tidak harus sekaligus. Anda bisa melakukannya satu persatu, misalnya mengganti velg dulu atau interior mobil. Setelah sudah memiliki budget yang lebih serta pengetahuan yang mumpuni barulah modif dari sisi performa atau mesin yang kencang atau mesin yang hemat bensin


4. Jangan Mengubah Ukuran Dimensi Kendaraan

Perlu diingat, ketika memodifikasi mobil jangan sampai mengubah dimensi kendaraannya hingga berbeda dari ukuran pabrik. Nantinya, dimensi sebenarnya akan berbeda dengan dimensi yang tertera di STNK. Jika tidak sesuai dengan catatan, maka mobil Anda bisa bisa ditilang karena dianggap mobil ilegal, lho.  


5. Jangan Berlebihan

Saat memodifikasi mobil, jangan sampai berlebihan dan malah membuat orang lain terganggu. Contohnya, memasang banyak stiker secara rumit dengan gambar-gambar yang membuat orang lain jadi terganggu saat melihat mobil Anda. Mengganti warna mobil dengan warna yang sangat mencolok atau mengganti knalpot bersuara bising dan berisik sehingga mengganggu lingkungan sekitar Anda. Cukup modifikasi sewajarnya saja, ya!


Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memodifikasi kendaraan kesayangan Anda. Pokoknya perhatikan dua hal yang utama saat memodifikasi mobil Anda, ya, yaitu bentuk dan fungsinya sebagai alat transportasi agar aman untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar Anda. Selain itu, pastikan juga modifikasi yang Anda lakukan tidak akan membuat asuransi mobil Anda menjadi invalid, sehingga mobil Anda tetap terlindungi.  Selain itu jangan lupa gunakan bahan bakar serta oli terbaik untuk mesin mobil kesayangan anda agar selalu nyaman digunakan dan lebih hemat bensin.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)