Tips dan Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 

Meditasi

Kegiatan yang dilakukan setiap hari seperti tugas kuliah ataupun tugas pekerjaan yang berat dapat membuat kita stress yang bisa mempengaruhi kesehatan mental. Salah satu kegiatan yang penting untuk tips menjaga kesehatan mental ialah meditasi. Dengan meditasi mampu memberikan rasa damai , tenang fikiran dan hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.


Meditasi merupakan bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, Meditasi biasanya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur. Meditasi bisa dilakukan setiap hari di rumah cukup dengan waktu minimal 5 menit buat pemula. Berikut ini tips dan manfaat meditasi yang bisa anda lakukan di rumah sendiri : 


Tips Meditasi Di Rumah Untuk Pemula : 


1. Posisi Nyaman

Hal yang paling pertama diperhatikan ketika ingin melakukan kegiatan meditasi ialah  dapatkan posisi yang nyaman serta suasanya yang nyaman dan tenang. Anda dapat duduk dengan  posisi yang nyaman di rumah anda atau bahkan di tempat kerja. Jangan sampai ada suara atau gangguan yang bisa membuat konsentrasi anda terganggu. (Baca juga artikel kesehatan lainnya  : Fisioterapi stroke )


2. Waktu Untuk Meditasi

Meditasi bisa anda lakukan kapan saja dan dalam waktu yang tidak lama namun harus konsisten. Jadi meditasi bebas bisa dilakukan kapan saja seperti pagi hari sebelum beraktifitas, siang hari, malam hari sebelum tidur atau ketika anda cemas atau stress. Pilihlah waktu yang sesuai dengan aktivitas anda karena setiap orang berbeda beda.


3. Pikiran Tenang

Sebelum melakukan meditasi di rumah ada baiknya anda mengosongkan fikiran dari hal hal yang negatif. Dalam fikiran jangan menilai hal hal seperti enak /tidak enak, suka / benci. 


4.  Mengatur Napas

Tariklah napas yang panjang lalu keluarkan secara perlahan secara berulang ulang beberapa menit hingga perasaan anda menjadi lebih nyaman


5. Bertanya Pada Ahilnya

Minta bimbingan pada ahlinya untuk meditasi tentunya merupakan hal yang paling baik agar mendapatkan hasil sesuai keinginan. Anda bisa ikut kelas dari profesional atau anda juga bisa mendownload aplikasi meditasi yang ada di playstore / appstore.


Apa Saja Manfaat Meditasi

Beberapa manfaat meditasi diantaranya ialah untuk mengurangi rasa stres, memperbaiki suasana hati, memperbaiki pola tidur, hingga meningkatkan kesehatan fisik.


Pengendalian Rasa Cemas Berlebihan (anxiety)

Kata anxiety saat ini mungkin sering didengar dikalangan anak muda. Generalized anxiety disorder (GAD) atau gangguan kecemasan bisa diatasi salah satunya dengan meditasi. Dikutip dari beritastu.com Sebuah metaanalisis yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa mengungkapkan manfaat meditasi untuk mengurangi kecemasan.


Selain itu, ada juga satu studi lainnya yang menemukan bahwa delapan minggu melakukan meditasi mindfulness, dapat membantu mengurangi gejala kecemasan pada orang dengan gangguan kecemasan umum.


Studi lain yang dilakukan pada 47 orang dengan nyeri kronis menemukan bahwa, peserta yang menyelesaikan program meditasi selama delapan minggu, merasakan dampak baik terhadap kecemasan, depresi, dan rasa sakit yang mereka alami.


Manfaat meditasi lainnya juga berguna untuk mengendalikan kecemasan terkait pekerjaan. Satu studi menemukan bahwa melakukan meditasi mindfulness selama delapan minggu, dapat memberikan perasaan tenang, dan penurunan stres juga ketegangan dalam bekerja, pada peserta yang mengikut studi ini.


Pola Tidur Sehat

Meditasi membantu merelaksasi tubuh, melepas stres dan ketegangan, sehingga tubuh dan pikiran anda menjadi lebih nyaman, dan membuatnya lebih mudah untuk tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat


Bagus Untuk Darah Tinggi

Meditasi selain bagus untuk mental juga bagus untuk kesahatan fisik seperti bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi. Meditasi mampu menurunkan kadar stres yang disinyalir menjadi penyebab dari banyak masalah kesehatan, termasuk kolesterol yang buruk terhadap tekanan darah dan jantung. Baca juga https://kolesterolkita.com/.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)