Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Micro Influencer untuk Bisnis

 

Micro Influencer Indonesia

Belakangan ini, kita sering melihat micro influencer lalu lalang di media sosial untuk mempromosikan sebuah produk. Bahkan, tidak hanya di satu platform media sosial saja, banyak sekali micro influencer Indonesia yang mempromosikan suatu produk di banyak platform media sosial.

Secara sederhana, micro influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki banyak followers, yang pada gilirannya dapat dijadikan sebagai sarana promosi suatu produk untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan bantuan micro influencer. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan micro influencer untuk bisnis. 

Keuntungan Mikro Influencer untuk Bisnis

Penggunaan jasa micro influencer untuk endorsement dan rekomendasi tentunya akan membawa banyak keuntungan bagi sebuah brand. Berikut penjelasan lengkapnya yang bisa kamu simak Beautypreneurs.

Menjangkau Target Audiens Lebih Mudah

Salah satu keuntungan menggunakan layanan mikro influencer adalah kemudahan dalam menjangkau target audiens. Setiap influencer memiliki pengikut dengan kecenderungan yang sama, sehingga kelompok audiens ini bisa menjadi target pasar semua perusahaan. Saat perusahaan memilih micro influencer dengan followers yang sesuai dengan target pasar, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Tingkat Keterlibatan Tinggi

Jumlah pengikut yang banyak tidak menjamin keterlibatan yang tinggi antara seorang influencer dengan pengikutnya. Justru jumlah followersnya tidak terlalu banyak, para influencer ini bisa langsung berinteraksi dengan audiens melalui kolom komentar atau pesan langsung di media sosialnya.

Keterlibatan audiens ini dapat menambah wawasan audiens terhadap produk atau jasa yang dipromosikan. Dengan keterlibatan tersebut, mikro influencer dapat mengambil kesimpulan tentang minat atau harapan audiens terhadap produk atau layanan yang dipromosikan.

Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan adanya mikro influencer, sebuah perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan kredibilitas merek secara keseluruhan. Pasalnya, konten promosi yang dibuat dan dibagikan para influencer ini di media sosial cenderung lebih mudah dipercaya pelanggan seperti rekomendasi pribadi dari kenalannya. Kepercayaan konsumen terhadap iklan dari perusahaan yang mengalami penurunan signifikan dapat ditingkatkan kembali melalui strategi pemasaran micro influencer ini.

Kerugian Mikro Influencer

Walaupun hasil promosi yang dilakukan oleh micro influencer cukup efektif, namun tentunya masih ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan oleh sebuah brand sebelum memutuskan untuk menyewa jasa micro influencer.

Jumlah Pengikut yang Lebih Kecil

Di tingkat pemasaran influencer, mikro influencer menduduki peringkat ketiga dengan 10.000–100.000 pengikut. Jumlah pengikut yang relatif lebih sedikit membuat pencapaian hasil pemasaran tidak lebih besar dari penggunaan macro influencer atau mega influencer.

Jangkauan Iklan Terbatas

Walaupun biaya iklan yang dikeluarkan untuk mikro influencer relatif lebih murah, namun sebanding dengan hasil yang akan didapatkan. Jumlah pengikut yang lebih sedikit membatasi jangkauan iklan untuk promosi produk atau layanan merek.

Kamu bisa mencari beberapa top micro influencer untuk kategori beauty, lifestyle, parenting hingga gaming di website INFINA, cek websitenya dan temukan micro influencer yang tepat untuk bisnis kamu !

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)