Tips Yummy App Memasak Sayuran Tanpa Kehilangan Nutrisinya

Aplikasi Resep Masakan

Ingin memasak sayur yang lezat tanpa membuang nutrisinya tidak perlu sulit karena banyak pilihan resep di aplikasi resep masakan Yummy. Sebelum melakukan eksekusi berikut tips memasak sayuran tanpa kehilangan nutrisinya.

1. Cuci Sayuran

Pastinya semua jenis bahan makanan perlu dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kehigienisan dari bahan makanan. 

Terlebih dalam proses penanaman sayuran berada pada kondisi luar yang cukup kotor dan penuh kuman. Selain itu, umumnya pada tanaman terdapat sisa-sisa pestisida yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. 

Proses pencucian sayuran harus dipastikan dilakukan pada air yang mengalir. Jika dilakukan perendaman, kandungan nutrisi pada sayuran akan ikut terlarut. Misalnya saja vitamin C, di mana vitamin C merupakan vitamin yang larut air.

2. Potong Sayuran

Setelah dicuci agar sayuran lebih mudah dikonsumsi biasanya sayuran dengan ukuran besar akan dipotong. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memotong sebuah sayuran. Pemotongan sayuran tidak boleh terlalu kecil agar nutrisi yang terkandung tidak mudah hilang. Namun, hal ini dapat diatasi dengan pemotongan setelah proses memasak.

3. Perhatikan Proses Memasak

Dalam proses memasak sayuran perlu diperhatikan beberapa hal seperti jumlah air, suhu dan waktu lama proses memasak. Untuk jumlah air dapat diperhatikan kadarnya agar tidak terlalu banyak. 

Hal ini didasari pada mudahnya nutrisi larut pada air. Selain itu, suhu yang digunakan tidak boleh terlalu tinggi. 

Karena beberapa nutrisi seperti protein akan hancur dengan suhu tinggi. Waktu lama memasak dapat disesuaikan dengan jenis sayur yang dimasak dan teknik pemasakan.

4. Memasak Sesuai Kebutuhan

Untuk memasak tidak hanya sayuran, sebisa mungkin dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk menghindari proses menghangatkan kembali masakan sisa. Proses ini dapat menghancurkan nutrisi secara perlahan. Masakan yang dihangatkan berkali-kali akan kehilangan nutrisinya.

5. Teknik Kukus

Teknik memasak yang dapat menjadi alternatif dalam memasak sayuran adalah teknik kukus. Teknik mengukus dapat mempertahankan nutrisi dalam sayuran agar tetap terjaga. Teknik ini cocok pada sayuran seperti wortel, brokoli, bayam dan lainnya.

6. Teknik Panggang Yummy App

Selain mengukus, terdapat teknik lainnya salah satunya adalah teknik panggang. Sayuran seperti wortel, asparagus dan labu dapat diproses dengan teknik ini. Selain dapat mempertahankan nutrisi pada sayuran, teknik satu ini dapat membuat sayuran lebih lezat. 

Tampilan sayuran yang diproses dengan teknik panggang lebih menarik. Oleh karena itu, teknik ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam memasak sayuran. 

Pada Yummy App, teknik panggang sayuran dapat dilakukan dengan memotong sayuran kecil dan tipis. Setelah itu, dapat dilumuri dengan minyak yang sehat. Terakhir dapat dilakukan proses pemanggangan hingga sayuran berubah warna.

7. Teknik Tumis

Teknik tumis merupakan teknik dasar dalam memasak sayuran. Dengan teknik ini, nutrisi pada sayuran dapat dipertahankan. Selain itu, warna alami sayuran juga akan bertahan dan tidak berubah. Beberapa sayuran yang dapat dimasak dengan teknik tumis adalah asparagus, paprika dan kapri.

8. Teknik Rebus

Teknik yang hampir sama dengan kukus adalah teknik rebus. Bedanya pada teknik ini sayuran direndam dalam air. Tujuannya adalah agar sayuran tetap renyah dan tidak kehilangan nutrisinya. Teknik ini dapat dilakukan pada jenis sayuran kacang-kacangan, kentang dan lainnya.

Kita harus berhati-hati dalam mengolah sayuran untuk itu dapat mengikuti tips di atas. Dengan satu aplikasi memasak Yummy App kita dapat mengkreasikan berbagai bahan makanan menjadi masakan yang lezat.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)