Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Adalah? Terdiri Dari Apa Saja?

 

4 Sehat 5 Sempurna

Memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan tubuh tentu membawa banyak manfaat karena tubuh kita tidak bisa terus berfungsi dengan baik jika kita tidak memperhatikan kesehatan tubuh kita. Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah salah satu cara yang penting dan efektif dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Kesehatan tubuh merupakan kunci utama agar kita dapat beraktivitas dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit. Anda dapat memiliki tubuh yang sehat dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. 

Ketika tubuh Anda dapat berfungsi dengan normal dan optimal, maka dapat dikatakan bahwa tubuh Anda sehat. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Nah, asupan gizi tersebut bisa diperoleh dengan mengikuti anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna.

Apa Itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Slogan ini sudah lama diterapkan karena dianggap sebagai bentuk gaya hidup sehat. Tahukah Anda terdiri dari apa makanan 4 sehat 5 sempurna itu? Adapun jenis makanan tersebut yaitu:

1. Makanan pokok

Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang biasa Anda makan setiap hari  seperti nasi. Jika tidak suka nasi, Anda juga bisa makan makanan lain yang juga mengandung karbohidrat seperti kentang, singkong, ubi jalar atau lainnya tergantung selera.

2. Lauk-pauk

Lauk pauk merupakan makanan tambahan untuk makanan pokok dengan kandungan protein nabati dan hewani yang tinggi. Kandungan protein bermanfaat untuk membangun energi, membangun jaringan dan menjaga daya tahan tubuh. Anda dapat menemukan protein nabati dalam tempe, tahu, kacang-kacangan, dan kedelai. Sedangkan protein hewani terutama terdapat pada daging ayam, daging merah, telur dan ikan.

3. Sayuran

Di antara makanan 4 sehat 5 sempurna, sayuran menyumbang banyak vitamin dan serat. Vitamin membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sementara serat membantu pencernaan. Namun tentunya sebelum memasak sayuran, sangat disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan air mengalir hingga bersih. 

4. Buah-buahan

Seperti halnya sayuran, buah-buahan juga menyediakan serat dan vitamin untuk membantu tubuh tetap sehat. Cara makan buah segar tidak hanya makan langsung seperti pada umumnya. Anda juga bisa membuatnya menjadi jus, salad, dan camilan lainnya sesuai dengan selera dan kreativitas Anda. 

5. Susu

Susu adalah suplemen makanan 4 sehat 5 sempurna tetapi tidak wajib. Makanan ini kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, serta lemak baik yang membantu membentuk hormon dan menyerap vitamin. Jadi jika dirasa nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari kurang, Anda bisa menambahkan susu sebagai menu tambahan harian Anda. 

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna telah diajarkan sejak lama. Jadi, sebenarnya sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi untuk memiliki tubuh yang sehat. Anda tidak perlu khawatir untuk takaran porsi dan takaran saji karena menu 4 sehat 5 sempurna dapat dipadukan dengan banyak bahan makanan. Berikut adalah beberapa persiapan sederhana yang dapat melengkapi menu 4 sehat 5 sempurna Anda. 

1. Sayur bening

Mengubah sayuran menjadi sayuran bening cukup sederhana dan tidak rumit sama sekali. Anda bisa menambahkan bayam, wortel, jagung, dan banyak bahan lainnya. Olahan sayur bening ini sudah pasti kaya akan zat besi, mineral dan serat yang baik untuk tubuh.

2. Tempe goreng dan tahu tumis

Ada banyak pilihan olahan yang bisa dipilih untuk mengolah tempe dan tahu. Agar lebih sederhana, Anda bisa menggoreng tempe atau tahu tumis, lalu disajikan dengan nasi, beserta topping tambahan jika diinginkan. Sangat sederhana, tetapi tubuh Anda tetap diberikan protein.

3. Jus buah dan salad buah

Buah merupakan sumber yang kaya vitamin. Jika Anda bosan dengan buah dan jus yang segar, Anda dapat memotong berbagai buah dan mencampurnya dalam satu kotak. Setelah itu, tambahkan yogurt dan salad buah dapat disajikan. 

4. Susu

Ketika berbicara tentang makanan 4 sehat 5 sempurna, susu tentu tidak akan terlewatkan. Jika nasi, topping, sayuran dan buah-buahan sudah ada di meja, tidak ada salahnya ditambahkan dengan susu. Untuk balita yang masih dalam tumbuh kembangnya, tentu susu juga penting. Susu juga penting untuk orang dewasa karena dapat menjadai kesehatan tulang dan sendinya. Anda bisa memilih susu yang sehat dengan gizi yang tepat sesuai dengan kebutuhan usia Anda atau si kecil. 

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah hal yang penting. Namun Tubuh sehat bukan hanya dari makanan sehat dan bernutrisi saja tetapi juga aktif secara fisik, kebiasaan gaya hidup sehat, dan memantau berat badan Anda secara teratur. Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi charmgirlstalk.com untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan dan juga berbagai hal menarik lainnya untuk ladies. 


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)