Penting Diketahui, Cara Mengatasi Alergi Susu Formula Pada Bayi yang Paling Simple

 

Cara mengatasi alergi susu formula pada bayi


Mengonsumsi susu formula pada bayi terkadang dapat menimbulkan efek yang tidak baik. Salah satunya adalah terkena alergi. Bentuknya beragam, mulai dari gatal-gatal, muncul ruam merah, muntah hingga diare. Gejala seperti ini harus segera diatasi. Cara mengatasi alergi susu formula pada bayi ini wajib diketahui oleh orang tua agar tidak terjadi akibat yang lebih buruk.

Akibat selanjutnya jika tidak segera di atasi berat badan bayi bisa berkurang dan menyebabkannya menjadi rewel. Bagaimana cara mengatasinya, bisa disimak di bawah ini;

Hentikan Penggunaan 

Cara mengatasi alergi susu formula pada bayi yang harus dilakukan saat gejalanya telah nampak adalah menghentikan penggunaannya. Saat gejala timbul, mungkin ada kandungan dari susu tersebut yang tidak cocok dengan kondisi anak. Bayi biasanya lebih sensitif dengan susu sapi dibandingkan dengan susu nabati. Penghentian tersebut sebagai upaya agar tidak terjadi gejala yang lebih parah.

Segera Ganti dengan Merk Susu Lainnya

Setelah menghentikan penggunaan susu formula yang dikonsumsi, segera ganti susu tersebut dengan merk yang lainnya. Bisa jadi kandungan susu merk lainnya akan sesuai dengan kondisi tubuh anak dan tidak menimbulkan gejala seperti sebelumnya. Namun, alangkah baiknya sebelum mengganti konsultasikan terlebih dulu dengan dokter agar tahu susu jenis apa  yang sesuai.

Siasati dengan MPASI

Apabila gejala alergi muncul bertepatan dengan waktunya MPASI akan sangat baik jika ibu mengalihkannya dengan pemberian MPASI di sela-sela ASI. Jika bayi telah kenyang makan, maka kebutuhan akan susu formula akan cenderung turun.

Pemberian ASI Hingga 2 Tahun

Cara mengatasi alergi susu formula yang paling baik sebenarnya adalah dengan memberikan ASI eksklusif. Bagaimanapun ASI lebih bagus untuk perkembangan bayi karena kandungan nutrisinya lebih lengkap. Susu hanya sebagai pendamping saja. Kecuali jika kondisi ibu memang tidak baik untuk memberikan ASI hingga masa penyapihan tiba.

Memberikan Susu Formula Hipoalergenik

Apabila bayi mengalami alergi susu formula, orang tua bisa menyiasatinya dengan memberikan susu yang mengandung hipoalergenik. Susu ini diformulasikansecara khusus dan minim memicu timbulnya alergi pada bayi. Karena telah diolah secara khusus, bayi tetap bisa mengonsumsinya tanpa harus takut timbul gejala alergi.

Alergi yang terjadi pada bayi memang kerap menimbulkan kekhawatiran pada orang tua. Terlebih jika alerginya terhadap susu yang digunakan sebagai pendukung ASI. Otomatis orang tua dituntut lebih cermat dalam memilih susu dan minta pendapat ke dokter jika perlu sebagai upaya  cara mengatasi alergi susu formula pada bayi.


Sumber:

https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-bayi-alergi-susu-dengan-susu-formula-termodifikasi

https://www.nutriclub.co.id/article-extra-care/kesehatan/penyakit/cara-mengatasi-alergi-susu-sapi-pada-anak

https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/gejala-anak/tips-mengatasi-alergi-susu-sapi/

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)