Yang Harus Anda Lakukan Selama Kehamilan Di Trimester Kedua

 

Trimester Kedua

Menjalani proses kehamilan merupakan impian bagi setiap wanita. Proses kehamilan ini juga memberikan kesan dan perasaan tersendiri bagi setiap pelakunya. Setiap perkembangan dari jabang bayi sangat dinanti – nanti oleh sang ibu. Setiap kehamilan sendiri dibagi menjadi tiga trimester yakni trimester satu di usia 1-3 bulan, trimester kedua dengan durasi 4-6 bulan dan trimester ketiga 7-10 bulan. Disetiap trimester mempunyai gejala kehamilan dan perkembangan sendiri – sendiri. Nah, kali ini kita akan membahas tentang trimester kedua, apa saja keluhannya dan bagaimana kita menghadapinya agar proses kehamilan terasa sangat nyaman. Pada trimester kedua organ vital bayi seperti jantung, paru – paru, ginjal dan otak sudah berkembang dan mengakibatkan ukurannya juga menjadi lebih besar. Pada trimester kedua ini bayi juga sudah mulai mendengar suara dan menelan. Pada durasi trimester kedua ini rambut – rambut kecil bay juga mulai tumbuh dan tubuhnya juga sudah bisa melakukan gerakan – gerakan kecil. 

Pada trimester ini berat bayi sudah mencapai sekitar 1,5 ons. Nah dapat dikatakan bahwa ini adalah trimester ternyaman selama kehamilan karena itu tidak akan merasa mual muntah lagi dan di trimester ini bayi juga belum berat jadi nyaman untuk dibawa kemana – mana. 

Perubahan tubuh ibu hamil saat periode trimester kedua

Pada peroide trimester keduaini ibu hamil rentan mengalami malsma yakni kondisi dimana terjadi peningkatan jumlah estrogen dan progesterone yang menyebabkan tubuh ibu hamil mengalami lebih banyak melamin ataupun pigmen cokelat. Kondisi ini menimbulkan bercak kulit coklat di sekitar putting ataupun wajah. Oleh karena itu sangat dianjurkan anda menggunakan olive oil atau virgin coconut oil mulai usia 3 bulan agar mampu membantu mengurangi bercak – bercak coklat tersebut. Kehamilan juga membuat ibu hamil sanagt sensitive terhadap sinar matahari sehingga sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya minimal SPF 15. 

Ada beberapa perubahan yang terjadi di durasi trimester kedua ini seperti rahum yang semakin membesar sehingga membuat perut yang juga semakin membesar, muncul stretch mart pada perut, payudara, paha dan bokong sehingga sangat disarankan anda mulai menggunakan virgin coconut oil untuk mencegahnya lebih parah, membengkaknya pergelangan kaki dan tangan, badan yang sudah mulai pegal, pusing kaena tekanan darah yang rendah serta nafsu makan yang sudah kembali meningkat.

Nutrisi pada saat hamil trimester kedua

Beberapa asupan makanan yang sangat penting untuk dipenuhi selama kehamilan adalah makanan tinggi serat seperti sayur, buah, protein dan rendah lemak. Selain itu ibu hamil juga sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan mineral di dalam tubuh guna mencegah sembelit. Mulailah untuk melakukan senam ataupun yoga di trimetester ini agar melatih pernafasan guna persalinan besok. 

Beberapa hal yang harus dihindari

Selama kehamilan ada beberapa hal yang harus dihindari karena akan membahayakan ibu dan juga janin. Beberapa hal tersebut seperti olahraga berat atau olahraga kekuatan yang dapat menyebabkan cidera pada perut, batasi konsumsi kafein dan alcohol, kebiasaan minum obat sembarangan tanpa anjuran dari doter, mengkonsumsi ikan mentah ataupun seafood yang bermerkuri tinggi, minum susu tidak pasteurisasi dan mengkonsumsi daging yang diawetkan.

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui tentang kehamilan di durasi trimester kedua. Dengan mengtahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan tentunya akan membuat kehamilan anda semakin berkembang dengan baik dan memberikan kesehatan bagi janin dan ibu tentunya. 


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)