5 Gaya Hidup Untuk Proses Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh

 

Menurunkan Gula Darah

Setiap orang perlu menjaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes. Dengan menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal, ada baiknya kita menghindari gaya hidup dan kebiasaan yang buruk. Seperti menghindari makanan cepat saji dan minuman bersoda. Berikut 5 gaya hidup untuk proses menurunkan gula darah dalam tubuh. Simak berikut ini!

Gaya Hidup Baik Turunkan Gula Darah

1. Batasi Makanan Karbohidrat

Asupan karbohidrat memang penting bagi tubuh manusia. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan energi pada tubuh. Tapi bagi penderita kadar gula berlebih (diabetes) sebaiknya mulai membatasi porsi makanan yang bersumber dari karbohidrat. Karena jika tidak, maka akan memicu rasa sakit pada pembuluh darah yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat.

Dengan membatasi asupan karbohidrat yang masuk pada tubuh, akan memudahkan proses penurunan kadar gula. Sumber karbohidrat seperti nasi putih, dibatasi dengan jumlah 45-60 gram dalam setiap kali makan. Namun bagi Anda yang memiliki kadar gula yang cukup tinggi sebaiknya mengganti asupan nasi putih dengan nasi merah yang lebih kaya akan serat. 

2. Olahraga Teratur

Olahraga adalah salah satu gaya hidup untuk proses menurunkan gula darah dalam tubuh yang dianggap sangat efektif. Karena olahraga adalah salah satu kegiatan yang bagus untuk menurunkan berat badan dan juga menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ketika berolahraga atau beraktivitas fisik, maka hormon dan sel-sel insulin dalam darah akan bekerja. Efek insulin ini akan bekerja jika kita bergerak setelah makan.

3. Menghindari Minuman Manis

Meminum minuman manis dan bersoda merupakan pantangan bagi para penderita gula darah. Pasalnya, dengan mengonsumsi minuman dengan jumlah kadar gula yang tinggi akan memicu penyakit diabetes. Jadi, sebaiknya bagi Anda yang ingin mengurangi kadar gula dalam tubuh, sebaiknya mengonsumsi air putih. Minum air putih yang cukup, membantu mengurangi kadar gula melalui pembuangan urine.

Selain mengonsumsi air putih, kebiasaan atau  gaya hidup untuk proses menurunkan gula darah dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi minuman yang bisa menekan dan mengurangi kadar gula darah. Seperti air rebusan dari sayur pare. Minuman ini dikenal berkhasiat  untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes. Minuman tersebut sebaiknya dikonsumsi setiap hari agar kadar gula Anda semakin normal.

4. Mengonsumsi Ikan

Bagi penderita diabetes, sebaiknya mengurangi porsi protein seperti daging dan mulailah mengonsumsi ikan. Protein dan lemak pada ikan sangat baik bagi tubuh. Kandungan gula pada ikan hampir tidak ada sama sekali. Apalagi ikan dengan kandungan air tawar sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang yang menrapkan pola hidup sehat dan memulai gaya hidup untuk proses menurunkan gula darah dalam tubuh.

5. Cukup Tidur dan Tidak Stres

Kurang tidur sering menjadi pemicu kesehatan pada tubuh. Terlebih jika kita mengalami stress dan kelelahan setelah melakukan banyak aktivitas. Bagi Anda yang ingin menurunkan gula darah, sebaiknya tidak mudah stres dan memiliki kualitas tidur yang cukup. Karena ketika kita bangun tidur, maka kadar insulin dalam tubuh akan perlahan menurun dan kondisi gula darah menjadi normal. 

Bagi Anda yang memiliki kadar gula yang cukup tinggi, sebaiknya mulai sekarang Anda mengurangi dan menjaga pola hidup sehat dengan menghindari berbagai makanan pemicu naiknya gula darah. Penting juga bagi Anda melakukan aktivitas fisik seperti rajin berolahraga dan rutin melakukan cek up setiap bulan untuk mengetahui kadar gula dalam tubuh.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)