Instrumen Investasi yang Cocok untuk Kawula Muda

Asuransi Investasi FWD

Parasaan takut, kehilangan uang, terjadi fluktuasi di pasar modal, kerapkali mengurungkan niat kawula muda untuk melakukan investasi. Padahal, berinvestasi di usia muda akan sangat menguntungkan bagi Anda. Dengan berinvestasi, Anda bisa terhindar dari inflasi, merdeka dalam hal keuangan, hingga membantu mencukupi kebutuhan di masa tua. Untuk itu, yuk, segera berinvestasi, salah satunya melalui asuransi investasi Unit Link yang bagus.

Seperti diketahui, asuransi unit link sendiri merupakan salah satu jenis asuransi yang mengombinasikan 2 produk keuangan, yakni investasi dan asuransi. Jika memiliki asuransi jenis ini, Anda tidak hanya terlindungi secara finansial, namun juga bisa berinvestasi untuk menyiapkan masa depan yang lebih cerah. 

Selain asuransi investasi unit link, Anda juga bisa berinvestasi di beberapa instrumen investasi berikut:

1. Reksa dana

Melansir dari money.kompas.com, reksa dana sangat cocok dipilih oleh kawula muda yang ingin berinvestasi. Pasalnya, reksa dana memiliki instrumen investasi yang terdiversifikasi secara otomatis, menawarkan modal awal investasi yang sangat kecil, bisa dicairkan kapan saja, bahkan bebas pajak. Dengan begitu, Anda yang masih berusia muda tentu tidak akan diberatkan ketika berinvestasi. 

Modal awal yang diperlukan untuk berinvestasi di instrumen investasi reksa dana ini adalah sekitar Rp 100.000 atau bisa lebih. Nantinya, uang investasi ini dikelola langsung oleh manajer investasi atau MI yang sudah berpengalaman.

2. Deposito

Selain reksa dana, Anda juga bisa memilih deposito. Deposito merupakan produk penyimpanan uang yang biasanya disediakan oleh pihak bank, yang mana penyetoran hingga penarikan uangnya hanya bisa dilakukan di waktu tertentu saja. Untuk jangka waktunya sendiri mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Dengan jangka waktu yang dipilih, maka uang yang Anda depositokan akan disimpan dan nantinya ketika jangka waktunya berakhir, Anda bisa mencairkan uang tersebut. 

Dibanding tabungan biasa, berinvestasi dalam bentuk deposito ini memang lebih menguntungkan karena semakin lama Anda menyimpan dana pada produk investasi satu ini maka semakin besar pula bunga yang akan Anda peroleh. 

3. Emas

Bagi Anda yang memiliki tujuan menengah hingga jangka panjang seperti membeli rumah, menyekolahkan anak, dan lain sebagainya maka berinvestasi di bidang emas tentunya sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, emas memberikan imbal hasil yang cukup menjanjikan, mudah dicairkan, dan harganya cenderung naik. Meskipun terjadi penurunan, namun tidak terlalu signifikan.

Jika tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas, maka Anda bisa memilih emas batangan hingga emas perhiasan. 

4. Properti

Meski membutuhkan modal yang lumayan besar, tapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempertimbangkan berinvestasi di bidang properti karena sangat menguntungkan. Beberapa keuntungannya seperti harga properti yang terus meningkat, capital gain cukup besar, bisa dilihat secara fisik, bisa dijadikan sebagai agunan jika Anda mengajukan pinjaman. 

Di samping itu, berinvestasi di bidang properti ini juga bisa dijadikan pilihan untuk menjamin kebutuhan Anda di masa yang akan datang karna instrumen investasinya adalah investasi jangka panjang. 

Itu dia beberapa instrumen investasi yang cocok dipilih oleh kawula muda. Yuk, mulai berinvestasi di usia muda!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)