6 Fakta Tentang Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Puasa

Sebelum berpuasa Senin Kamis, Anda tentu harus mengetahui niat puasa Senin Kamis dengan benar. Para muslim pasti sudah tidak asing dengan puasa sunah yang sangat dianjurkan ini. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Baginda Nabi, junjungan umat Islam, puasa Senin Kamis akan membuat tubuh menjadi semakin sehat. Yang perlu ditekankan, Anda harus mengetahui niatnya. Adapun niat puasa sunah di hari Senin Kamis, serta manfaatnya, antara lain sebagai berikut.

1. Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Sebelum berpuasa, Anda diwajibkan untuk membaca niat puasa Senin Kamis terlebih dahulu. Niat untuk berpuasa sunah tentunya berbeda dengan niat yang digunakan untuk berpuasa yang hukumnya wajib. Bahkan, niat puasa di hari Senin dengan puasa yang dijalankan untuk hari Kamis pun berbeda. 

Niat untuk berpuasa pada hari Senin, yaitu Nawaitu Shouma Yaumal (Itsnaini) Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa, yang artinya “Saya niat untuk berpuasa pada hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala”. 

Pada bagian niat yang telah dituliskan, terdapat bagian yang berada di dalam kurung, yakni kata ‘itsnaini’. Kata tersebut merujuk pada ‘hari Senin’, sehingga perbedaan antara niat untuk puasa hari Senin dengan Kamis hanya terletak pada bagian tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, berikut niat untuk berpuasa sunnah hari Kamis: Nawaitu Shouma Yaumal (Khomiisi) Sunnatal Lillahi Ta’aalaa. Arti dari niat tersebut sama dengan niat puasa hari Senin, yang berbeda hanya nama harinya saja. Dalam hal ini, kata ‘khomiisi’ mengacu pada ‘hari Kamis’. 

Dimulai dengan niat, puasa bisa menjadi sangat berkah apabila dijalankan secara ikhlas hanya karena Allah Ta’ala. Sebetulnya, puasa sunnah Senin dan Kamis tidak hanya berarti menahan perut yang lapar, tetapi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Uraian lebih lengkap mengenai puasa sunnah Senin Kamis akan diuraikan pada bagian selanjutnya. 

2. Manfaat Puasa Senin Kamis 

Manfaat yang akan diperoleh dari puasa sunnah Senin Kamis tidak hanya satu, melainkan banyak. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan puasa sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Tujuan utamanya untuk mempertebal keimanan kepada Allah, sekaligus bisa untuk menyehatkan tubuh. 

3. Niat Puasa Dapat Membantu Menajamkan Fungsi Otak

Dengan niat berpuasa, maka sugesti akan menjadi positif dan produksi protein menjadi meningkat, sehingga dapat melindungi berbagai sel yang ada pada otak dari penyakit yang berkaitan dengannya, seperti alzheimer serta Parkinson. 

4. Puasa Senin Kamis Menjadikan Pola Makan Menjadi Teratur

Saat berpuasa, pola makan menjadi teratur, karena waktu makan yang terjadwal. Dimulai dari sahur sebelum fajar datang, sampai waktu berbuka tiba. Sahur merupakan pengganti sarapan. Sedangkan berbuka adalah waktu makan yang tepat. 

5. Puasa Bisa Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Pola makan yang teratur saat puasa sunnah dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebab, terlalu overweight juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, melalui puasa Senin Kamis, Anda dapat mewujudkan tubuh yang sehat. 

6. Puasa Dapat Bermanfaat Pada Kulit Menjadi Bersih dan Terhindar dari Jerawat

Kulit yang sehat merupakan impian bagi semua orang. Untuk mewujudkan kulit yang sehat, salah satunya adalah dengan menjaga makanan. Dengan berpuasa sunnah, makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi tertata, tidak sembarangan. Karenanya, kulit bisa menjadi bersih, juga terhindar dari kemunculan jerawat. 

Nah, itulah niat puasa Senin Kamis sekaligus anjuran saat puasa Senin Kamis. Jadi, sebelum melaksanakan puasa Senin Kamis, jangan lupa untuk membaca niatnya terlebih dahulu ya. Dengan begitu, puasa akan sesuai dengan yang disyariatkan. Apalagi jika diiringi dengan hati ikhlas, maka puasa yang Anda lakukan akan semakin berkah. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)