Wajib Tahu, Beginilah Cara Membersihkan Karang Gigi dan Pencegahannya

Scalling Karang Gigi

Masalah pada gigi ada banyak ragamnya. Mulai dari ngilu, gigi berlubang, hingga karang gigi membandel yang mengerak dan harus segera dibersihkan. Meskipun bukan masalah yang serius, tetapi karang gigi akan menimbulkan banyak kerusakan di sekitar gigi dan mulut jika dibiarkan terlalu lama. Bukan hanya itu, sebagian orang pun akan merasa kurang percaya diri dengan gigi yang berkarang. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang kamu tahu cara membersihkan karang gigi beserta pencegahannya yang sebenarnya simple dan tidak banyak memakan waktu.

Membersihkan Karang Gigi dengan Proses Scaling
Cara terbaik untuk membersihkan karang gigi adalah dengan datang langsung ke dokter gigi untuk dilakukan scaling. Proses ini akan menghilangkan karang yang sekeras apa pun secara cepat dan tepat menggunakan ultrasonic scaler. Sehingga, bukan hanya karang yang di permukaan yang dapat dibersihkan, tetapi karang di bagian sela-sela gigi juga akan ikut dirontokkan.

Lalu, apakah proses tersebut akan menimbulkan rasa sakit?
Biasanya proses scaling tidak begitu menyakitkan, tetapi memang memberi sensasi ngilu sehingga cukup mengganggu aktivitas seperti makan atau minum-minuman tertentu. Namun, rasa ngilu hanya bertahan paling tidak 24 jam, setelah itu gigi sudah kembali tenang seperti biasa.

Beberapa efek samping lainnya dari scaling adalah terjadinya perdarahan atau pun gusi yang bengkak. Akan tetapi hal tersebut juga tidak bertahan lama. Proses tersebut berlangsung sebagai upaya gusi dan gigi menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru, sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Apakah Bisa Membersihkan Karang Gigi Sendiri dengan Bahan Alami?
Pada dasarnya, karang gigi yang keras hanya bisa dirontokkan dengan melakukan scaling yang dilakukan oleh dokter professional. Mungkin kamu pernah membaca ulasan bahwa beberapa bahan dapur atau bahan rumahan seperti baking soda, bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Padahal, bahan tersebut bukan hanya dapat merontokkan karang gigi kamu, tapi dapat juga merusak gigi itu sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya tidak menggunakan bahan-bahan dengan sifat korosif untuk mencegah gigi copot dan rusak.

Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi
Supaya gigi yang sudah di-scaling tidak membentuk karang kembali, ada baiknya kamu rajin merawat kebersihan gigi lebih intens. Antara lain dengan menggosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari, gosoklah gigi dengan benar dengan gerakan memutar ke atas-bawah sehingga sisa makanan terangkat dengan baik, jangan lupa pula untuk memakai mouthwash supaya plak yang ada di sela-sela gigi yang tidak terjangkau dapat dibersihkan.

Kalau kamu mau lebih bersih, coba mulai sekarang menggunakan dental floss atau benang gigi. Benang gigi ini sangat efektif untuk mengurangi risiko terbentuknya plak, dan bahkan bisa menjangkau plak-plak yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi saja.

Itu tadi adalah beberapa pencegahan serta cara membersihkan karang gigi yang dapat kamu lakukan mulai sekarang.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)