5 Cara Mudah Atasi Kram Haid

Barangkali Kamu pernah merasakan kram haid baik itu sebelum maupun ketika haid berlangsung. Ini merupakan salah satu nyeri haid yang normal yang Kamu rasakan. Sebenarnya, Kamu tidak perlu mengkahawatirkan hal ini. Akan tetapi, rasa nyeri yang berlangsung tersebut tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Kamu. Ada baiknya Kamu tahu bagaimana cara mudah untuk mengatasinya. 

Makanan Bergizi

5 Cara Mudah Atasi Kram Haid

1. Perbanyaklah mengonsumsi air putih 
Cara mudah atasi kram atau nyeri haidmu adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Baik sebelum haid maupun saat haid tersebut berlangsung, Kamu bisa menyiapkan sebotol air putih yang mudah dibawa kemana-mana. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, maka Kamu bisa mengatasi perut kembung yang bisa memperparah kram maupun nyeri haidmu. Selain itu, air putih memang bagus untuk tubuh. 

2. Kompres hangat pada bagian yang nyeri
Cara mengatasi kram perut saat haid ini bisa segera Kamu terapkan. Ketika nyeri haidmu berlangsung, Kamu bisa mengompres bagian perut tersebut dengan handuk hangat maupun botol berisi air hangat yang telah dilapisi kain sebelumnya. Sensasi hangat dari dua benda tersebut dapat membuat perutmu lebih rileks. 

3. Konsumsi obat pereda nyeri haid 
Kamu bisa mengonsumsi obat pereda sakit ketika nyeri haidmu sudah tidak bisa tertahankan lagi. Salah satunya adalah paracetamol. Jangan lupa untuk membaca aturan pakainya terlebih dahulu sebelum Kamu mengonsumsinya. Bila perlu, Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter perihal dosis pemakaian obat pereda nyeri tersebut. 

4. Pijat lembut bagian yang nyeri 
Berikutnya, Kamu bisa memijat lembut pada bagian perut yang nyeri. Pijatlah dengan gerakan memutar secara perlahan pada bagian yang terasa nyeri. Bila perlu, Kamu bisa menambahkan minyak gosok atau minyak angin yang hangat untuk membuat perutmu lebih rileks. 

5. Perbanyak konsumsi makanan bergizi 
Terakhir, Kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan bergizi demi mengurangi rasa nyeri haidmu. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat dan protein. Jangan memperbanyak konsumsi makanan berminyak seperti gorengan, fast food maupun makanan berlemak. Cara ini sekaligus untuk mengatur pola makan dan gaya hidup sehatmu. 

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)