Dua Bagian Terpenting untuk PC Gaming Impian Kamu

Sound card 
Soundcard Shopee
Sumber : Shopee.co.id


Komputer ataupun Laptop bisa dipakai untuk memutar musik serta perekaman audio. Untuk bisa melakukan hal tersebut secara lancar, tentunya diperlukan hardware yang tersemat di dalam Motherboard sehingga mampu menjalankan software audio yaitu sound card.

Sound card merupakan perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk mengolah data audio komputer. Audio yang kamu dengarkan di komputer melalui speaker ataupun headset merupakan hasil olahan data dari soundcard serta dibantu dengan software audio. Saat kamu mengaktifkan software multimedia yang ada di komputer atau laptop, tetapi tidak muncul suara sama sekali bisa dikatakan sound card yang ada di komputer kamu  rusak. Soundcard ini bisa connect di komputer melalui slot ISA ataupun PCI pada motherboard. Seiring berkembangnya teknologi soundcard diciptakan dengan slot USB sehingga akan memudahkan kita untuk memasangnya di laptop maupun komputer, benda ini disebut dengan sound card eksternal.

Sound card sendiri mempunyai 3 tipe berdasarkan cara jenis pemasangannya baik di komputer maupun laptop. Tiga jenis sound card antara lain seperti sound card onboard, sound card offboard dan juga sound card eksternal.

Selain fungsi utama sebagai pengolah data audio pada komputer, sound card juga memiliki fungsi lainnya seperti :
Sound card berfungsi untuk mengubah sinyal digital dan juga analog ke bentuk gelombang sonic

Sound card berfungsi sebagai alat bantu proses audio komputer dapat bekerja.

Sound card memiliki fungsi untuk menaikkan kualitas input/output audio seperti halnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop.

Sound card juga berfungsi dapat membantu menambahkan fitur-fitur pengolah audio seperti bass booster, 3D sound, theater sound, live sound dan berbagai macam fitur pengolah data lainnya.

Selain itu sound card juga digunakan sebagai pengatur besar kecilnya audio yang masuk (rekaman) maupun keluar.

Sound card juga dapat berfungsi sebagai editing serta pengolah audio musik.


Graphic card

Nvidia Graphic card
Sumber : Shopee.co.id

Graphic card atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kartu grafis merupakan Hardware komputer yang membantu menampilkan grafis pada monitor. Fungsi dari graphic card sendiri untuk memproses gambar tampilan melalui monitor. Kartu grafis dengan kualitas bagus akan memberikan kualitas gambar yang bagus pula. Merek graphic card yang terkenal yakni Nvidia. Nvidia dikenal memiliki graphic card dengan kualitas gambar yang fantastic, tidak heran jika kebanyakan brand-brand besar PC menggandeng Nvidia untuk Graphic card mereka. Merk dari Nvidia Graphic card ini akan bekerja mengambil informasi dari CPU (Central Processing Unit) lalu merubahnya dalam bentuk gambar dan kemudian memproses gambar 3D sederhana, dengan kemampuannya yang jauh lebih cepat dan kompleks.

GPU( Graphics Processing Unit) yang merupakan bagian pokok dari kartu grafis ini memiliki performa lebih tinggi menyebabkan panas yang dihasilkannya akan berlebihan dan berdampak bahaya, untuk menangani hal tersebut kartu grafis sekarang ini banyak yang menggunakan heatsink dan kipas (fan). Heat sink terletak di bagian atas GPU, terbuat dari aluminium atau tembaga yang dapat menyerap panas secara merata dan menghalau panas ke udara, sedangkan kipas atau sering dikenal dengan fan digunakan sebagai pendingin tambahan untuk mendinginkan GPU dan juga Heatsink secara bersamaan. Untuk Heatsink dan kipas yang berfungsi secara bersamaan sering disebut dengan heat sink aktif, sedangkan jika heatsink saja yang bekerja dan kipasnya mati dinamakan heatsink pasif.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)