Ini Tanda Kampas Rem Anda Perlu Diganti

Kampas rem merupakan salah satu bagian dari spare part sepeda motor yang memiliki peran penting. Spare part yang satu ini berperan penting dalam proses pengereman. Sepeda motor Anda tentu tidak akan bisa berhenti dengan baik setelah dipakai melaju kencang jika kampas rem tidak dalam kondisi yang baik. 

Kampas Rem

Seperti kita tahu bahwa pengguna motor di sekitar kita saat ini sangat banyak jumlahnya. Namun, tidak semua pengguna sepeda motor tersebut paham atau mengerti bagaimana kondisi sepeda motor yang mereka pakai. Bahkan banyak juga yang cenderung cuek dengan kondisi motor mereka. Padahal kondisi seperti ini sangatlah tidak baik.

Jika Anda ingin sepeda motor Anda melaju dengan baik dan bisa bekerja optimal dengan performa yang memuaskan, maka Anda harus memastikan semua spare part dalam kondisi yang baik. Anda harus memastikan bahwa setiap spare part yang bekerja tidak rusak dan masih bisa dipakai dengan aman salah satunya adalah spare part pada bagian pengereman.

Harus Diganti
Setiap spare part memiliki masa pakainya masing-masing. Seperti kampas rem ini yang memiliki masa pakai dalam jangka waktu tertentu. Spare part ini akan rusak seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan yang terus menerus. Jika tidak segera diganti padahal kondisinya sudah sangat buruk, maka akan bisa berbahaya bagi Anda.

Sebenarnya mudah saja untuk menjaga kondisi sepeda motor Anda tetap prima, yaitu dengan melakukan servis rutin di dealer terdekat. Namun, sebagai pengendara ada baiknya Anda juga memeriksa sendiri kondisi motor Anda. Lalu kapan kampas rem seharusnya diganti? Berikut adalah ciri-ciri yang menunjukkan bahwa kampas rem Anda harus segera diganti :

1. Bunyi saat Mengerem
Spare part ini harus segera diganti ketika Anda mendengar suara saat dilakukan pengereman. Biasanya suara yang muncul adalah suara berdecit yang tidak nyaman terdengar di telinga. Suara tersebut akan terus muncul jika Anda menarik tuas rem. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara dan juga berbahaya jika terus dibiarkan.

2. Rem Lebih Dalam
Penarikan tuas rem bisa lebih dalam daripada biasanya. Motor tidak bisa berhenti seketika saat Anda menarik tuas rem. Dengan kata lain, sensitivitas rem saat digunakan berkurang drastis. Jika terus dibiarkan, bisa jadi nanti proses pengereman benar-benar tidak bisa dilakukan dan akan membahayakan diri Anda.

3. Volume Minyak Rem Berkurang
Anda bisa melihat kondisi spare part pengereman ini dengan memperhatikan volume minyak rem pada sepeda motor Anda. Jika memang sudah waktunya diganti, maka bisa dilihat volume minyak rem pada tabung oli rem akan berkurang. Silakan perhatikan indikatornya, biasanya ada garis yang bisa dilihat dan minyak rem ada di bawah batas garis tersebut.

4. Ketebalan Berkurang
Selanjutnya, Anda bisa langsung melihat kondisi fisiknya langsung. Cara melihatnya adalah dari posisi kaliper. Jika ketebalannya sudah mulai menipis maka itu artinya kampas rem harus segera diganti. Ketebalan spare part ini bisa terus berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Jika ketebalannya sudah berkurang drastis, segera ganti spare part Anda dengan yang baru.

Itulah tadi beberapa ciri kampas rem Anda harus segera diganti. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar bisa tahu bagaimana kondisi sepeda motor Anda. Selain itu, lakukan penggantian spare part jika memang sudah waktunya. Pastikan bahwa spare part yang Anda dapatkan adalah original dan dipasang dengan cara yang tepat oleh ahlinya.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)