Aksesoris Komputer : Perlu Anda Ketahui, Inilah 4 Tips Melakukan Perawatan Keyboard

Ada banyak sekali jenis aksesoris laptop atau aksesoris komputer yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari mouse, external hardisk, portable storage, keyboard dan lainnya. Kendati demikian, utamakan untuk memilih aksesoris yang memang Anda butuhkan dan sifatnya krusial ya. Hal ini merujuk pada harga aksesoris yang tidak murah, sehingga membeli yang paling dibutuhkan lebih disarankan. 

Aksesoris Komputer

Tidak berhenti di situ, ketika Anda sudah mendapatkan aksesoris yang dibutuhkan maka tugas selanjutnya adalah merawatnya dengan benar. Salah satu aksesoris yang memerlukan perawatan adalah keyboard. Mengingat aksesoris ini paling sering digunakan saat melakukan aktivitas dengan laptop, jadi memungkinkan untuk lebih cepat rusak. Namun dengan perawatan yang benar, aksesoris laptop yang Anda miliki bisa lebih awet.

Merawat Keyboard Laptop Atau Komputer
Agar keyboard laptop senantiasa awet, lakukan perawatan dengan cara berikut ini:

1. Keyboard Cover
Menggunakan keyboard cover merupakan langkah yang tepat untuk melakukan perawatan terhadap aksesoris ini. Cover yang digunakan bermanfaat untuk melindungi bagian keyboard laptop dari debu atau cairan yang dapat membuatnya rusak. Debu dan cairan tidak akan masuk ke bagian sela-sela keyboard. Ada banyak jenis cover yang bisa Anda gunakan dengan harga yang bervariasi. 

Pilihlah cover yang terbuat dari bahan silicon, sehingga dapat menempel dengan baik pada permukaan keyboard. Pilihlah warna yang transparan agar tidak membuat Anda kesusahan untuk melihat tombol keyboard. Meskipun sudah menggunakan cover untuk keyboard bukan berarti Anda tidak perlu membersihkannya lagi. 

Membersihkan keyboard secara rutin tetap perlu dilakukan. Minimal dalam seminggu sekali. Anda juga perlu tahu bahwa cover keyboard juga bisa dibersihkan dengan cara dicuci. Pencucian cover juga dilakukan secara berkala sesuai dengan pemakaian. Jadi, saat pembelian penting untuk Anda perhatikan spesifikasi produk cover, apakah dapat dicuci atau tidak. Anda tinggal memilih cover yang memiliki kualitas terbaik. 

2. Tidak Menekan dengan Kuat
Tips merawat keyboard selanjutnya adalah tidak menekan bagian keyboard terlalu kuat. Menekan tombol pada keyboard dengan terlalu kuat akan membuatnya menjadi cepat rusak. Gunakan tekanan yang stabil dan pastikan Anda tidak bertumpu pada bagian keyboard saat menggunakannya. 

3. Tidak Meletakkan Benda di atas Keyboard
Keyboard merupakan salah satu aksesoris laptop yang harganya terbilang mahal. Penting sekali untuk Anda menjaganya dengan baik dan melakukan perawatan yang tepat agar bisa tahan lama untuk digunakan. Jangan meletakkan benda apa pun di atas keyboard karena hal ini dapat membuat adanya tekanan yang akan mempengaruhi bagian tombolnya.  

4. Kebersihan Tangan
Tips selanjutnya yang sering kali diabaikan saat menggunakan keyboard adalah kebersihan tangan. Anda terkadang tidak memperhatikan hal ini dan menganggapnya sebagai hal yang sepele. Padahal jika keyboard digunakan dalam kondisi tangan atau jari yang tidak bersih ini akan membuat bagian tombol keyboard menjadi kotor. 

Terlebih jika yang menempel adalah bekas minyak yang akan membuat bagian keyboard berisiko mengalami kerusakan. Jadi penting untuk Anda memperhatikan kebersihan jari. Usahakan untuk mengelapnya terlebih dahulu sebelum menggunakan keyboard. Selain itu, pastikan juga tangan dan jari Anda tidak dalam keadaan basah ayang akan mempengaruhi kondisi keyboard. 

Demikianlah 4 tips yang bisa Anda terapkan untuk melakukan perawatan pada keyboard. Daya tahan aksesoris laptop, dalam hal ini keyboard yang Anda gunakan juga dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan secara rutin. Perawatan yang benar akan membuat keyboard laptop berumur panjang. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)