Mengenal Pipa HDPE Berstandar Food Grade


Pipa HDPE

Mungkin sebagian dari Anda masih belum tahu apakah itu pipa HDPE. Pipa ini memiliki kepanjangan High Density Polyethylene dan merupakan produk pipa plastik dengan tekanan yang biasanya dipakai untuk saluran air bersih dengan standar food grade. Bahan baku material untuk pembuatan pipa ini adalah polietilena dengan densitas tinggi.

Pipa HDPE ini juga biasa dikenal dengan nama pipa PE atau pipa PE-100. Materialnya dibuat dari bahan minyak bumi yang mempunyai dua karakteristik diantaranya :

1.      Mempunyai tingkat kelenturan dan juga kekuatan yang tinggi sehingga tidak cepat rusak

2.      Ikatan antar molekul material yang kuat satu dengan lainnya, sehingga kemungkinan terjadi kerusakan sangat kecil.
Seperti yang sudah disebutkan, pipa ini memiliki standar food grade yang berarti aman untuk peralatan makan dan juga minum. Ini dikarenakan bahan dari produk pipa ini tidak mudah rusak dan juga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Bahan ini sangat pas dan juga menjadi rekomendasi untuk saluran air bersih yang memiliki tekanan.

Pipa PE-100 atau HDPE ini mempunyai tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi, sehingga bisa dipasang dimana saja. Usia pemakaiannya juga bisa bertahan lama. Selain itu, pipa ini juga anti karat, yang mana anti karat menjadi masalah yang paling sering terjadi pada pipa besi. Maka dari itu, produk ini sangat pas untuk dipasang di daerah yang tropis misalnya di Indonesia. Karena pipa ini mempunyai ketahanan pada pengaruh lingkungan sehingga tidak cepat rusak.

Jenis Pipa HDPE
Jenis pipa PE-100 atau HDPE bisa digolongkan ke dalam beberapa varian dan juga jenis yang bisa disesuaikan kebutuhan, diantaranya :

Jenis berdasarkan penggunaan meliputi untuk pembangunan saluran air bersih, saluran gas bertekanan, selongsong atau pelindung kabel. Sedangkan berdasarkan kemasan produk dibagi menjadi dua yaitu pipa PE-100 atau HDPE batang dan pipa PE-100 atau HDPE roll.

Tentu pipa ini sangat pas untuk Anda gunakan di berbagai kebutuhan. Anda juga tidak perlu khawatir, karena sudah banyak distributor pipa HDPE saat ini. Sehingga Anda bisa membeli pipa HDPE ini dengan beragam pilihan yang ada.

Demikian informasi mengenai pipa PE-100 atau Pipa HDPE. Semoga bisa menambah informasi bagi Anda yang belum mengetahuinya. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)