Bisa Serang Siapa Saja, Kenali Gejala Cacar Air dan Pengobatannya


Gejala Cacar Air

Cacar air adalah penyakit yang umum menyerang semua orang. Baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Namun, usia paling rentan terkena penyakit cacar air ini adalah anak-anak yang berusia di bawah 1 tahun. Anda harus mengenali gejala cacar air agar bisa memberikan penanganan yang tepat. Agar tak salah, ini dia gejala yang harus diwaspadai!

Gejala Penyakit Cacar Air

Ada banyak gejala penyakit cacar air yang sebenarnya harus Anda perhatikan. Salah satu gejala tersebut adalah timbulnya bintil cacar berwarna merah yang muncul di beberapa bagian tubuh seperti wajah, belakang telinga, kulit kepala, dada, perut, lengan, kaki dan beberapa bagian tubuh yang lainnya.

Selain timbulnya bintik berwarna kemerahan, pada umumnya gejala tersebut diikuti dengan demam, rasa mual dan tubuh mudah lemas, tidak bernafsu makan, rasa nyeri dan sakit pada otot serta sakit kepala yang terus-menerus. Gejala-gejala tersebut pada umumnya terjadi pada anak-anak. Sedang untuk orang dewasa, bisa lebih parah.

Selain gejala yang sama dengan cacar pada anak, pada orang dewasa juga diikuti dengan benjolan yang terasa gatal. Benjolan gatal ini juga timbul di beberapa bagian tubuh seperti kaki, kulit kepala, lengan, perut bahkan sampai mulut. Namun, tidak semua cacar air yang menyerang orang dewasa mengakibatkan hal yang satu ini.

Apa Penyebabnya?

Setelah Anda tahu apa gejala cacar air, sebaiknya Anda juga tahu apa saja yang bisa menyebabkan cacar air ini menyerang. Penyebab utamanya adalah virus varisela zoster yang bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui cairan yang dikeluarkan penderita seperti saat bersih atau batuk.

Namun tenang, Anda yang pernah terkena penyakit yang satu ini, biasanya tidak akan kena lagi untuk kedua kalinya. Sebab, tubuh sudah membuat sistem imun terhadap penyakit tersebut. Hanya saja, Anda tetap harus waspada. Ada faktor risiko yang bisa menyebabkan cacar air ini menyerang.

Faktor tersebut adalah orang yang belum pernah terkena penyakit cacar sebelumnya, orang yang belum pernah mendapat vaksin cacar terutama ibu hamil, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Khusus ibu hamil, risiko penyebarannya lebih tinggi dan akibatnya juga berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi pada ibu dan janin yang dikandung.

Cara Mengobati

Bila Anda bertanya bagaimana caranya mengobati cacar air, salah satunya adalah dengan minum cairan dalam jumlah banyak untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, Anda juga harus minum obat yang diresepkan dokter berupa acyclovir, valacyclovir, atau famcliclovir. Untuk anak-anak, Anda bisa memberinya parasetamol untuk meredakan demam.

Gunakan juga gel atau krim pendingin badan untuk mengurangi rasa gatalnya. Pada anak-anak, berikan ia sarung tangan untuk mencegahnya menggaruk bintil cacar. Gunakanlah pakaian yang longgar untuk menghindari panas dan jangan lupa mandi menggunakan air dingin dan keringkan dengan cara ditepuk untuk menghindari bintil pecah sebelum waktunya.

Tentu saja, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan juga memperkuat sistem imun tubuh. Satu lagi, jangan konsumsi ibuprofen selama mengalami cacar karena ini bisa sebabkan infeksi serius pada tubuh Anda.

Jadi, sudah tahu bagaimana caranya mengobati penyakit cacar, apa saja gejala cacar air itu dan apa yang menjadi penyebabnya, kan? Oleh sebab itu, mulai sekarang jagalah kebersihan. Salah satunya dengan mandi dan cuci tangan menggunakan sabun terbaik seperti Lifebuoy untuk melindungi diri Anda dari serangan berbagai penyakit.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)