Panduan Memilih Asuransi Berkualitas Menurut OJK


Asuransi

Pernah dengar tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?
Badan tersebut bertanggung jawab mengatur dan mengawasi regulasi perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan keuangan di tanah air. Oleh sebab itu, OJK juga berwenang mengawasi perusahaan asuransi agar manfaatnya sejalan dengan janji yang diberikan kepada para nasabah.

Masyarakat Indonesia masih perlu banyak belajar mengenai apa itu asuransi. Itulah sebabnya OJK juga memberikan panduan bagi kita untuk memilih asuransi berkualitas dan terpercaya: 

Memilih Produk Sesuai Kebutuhan
Tidak semua tawaran proteksi menggiurkan dari asuransi benar-benar bermanfaat bagi kita. Jadi, kita harus cermat memilih produk asuransi sesuai kebutuhan. Jangan malas mempelajari polis secara teliti sebelum memutuskan untuk berlangganan asuransi. Hal ini sangat penting agar kita benar-benar bisa mendapatkan manfaat asuransi di kemudian hari. 

Mengenal Reputasi Perusahaan Asuransi
Reputasi perusahaan asuransi tentu erat kaitannya dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Inilah yang membuat kita harus cermat mengenal reputasi perusahaan asuransi sebelum memilih produknya. Pastikan kalau perusahaan asuransi tersebut terdaftar di OJK. Sebab hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas perusahaan asuransi langsung diawasi oleh OJK. 

Mengisi Formulir Asuransi dengan Benar
Formulir asuransi atau Surat Permohonan Pertanggungan Asuransi (SPPA) harus diisi dengan data yang benar dan valid. Hal ini sangat penting agar kita bisa melakukan proses klaim secara mudah di kemudian hari. Perbedaan data-data pada asuransi dan identitas pribadi hanya akan menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari. Karena perusahaan asuransi cuma memiliki kewajiban untuk menanggung risiko berdasarkan data-data asuransi yang diinput nasabah. 

Mengingat Periode Pembayaran Premi
Jika kita terlambat membayar premi asuransi, biasanya asuransi tersebut akan dibekukan untuk sementara waktu. Sehingga kita tidak dapat memperoleh manfaat asuransi dalam kurun waktu tertentu. Sebaiknya kita selalu membayar premi secara tepat waktu supaya manfaat asuransi bisa didapatkan bila terjadi hal-hal tak terduga.

Kalau tak sempat memilih asuransi melalui agen asuransi, kita bisa mempercayakan pilihan melalui Futuready. Karena Futuready merupakan supermarket asuransi online yang diawasi langsung oleh OJK dan sudah mendapatkan izin sejak tahun 2015. Futuready sudah menyiapkan ragam asuransi berkualitas yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Bersama Futuready, memilih asuransi dengan premi terjangkau akan semakin mudah dan menyenangkan. Yuk dapatkan informasi selengkapnya di website Futuready!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)