4 Cara Membangun Komunikasi Dalam Keluarga


Komunikasi Dalam Keluarga

Mempunyai keluarga yang lengkap dan bahagia adalah idaman setiap orang. Bahkan bisa dibilang bahwa keluarga adalah segalanya. Ya, ini benar adanya karena keluarga adalah tempat kita berpulang dan berkeluh kesah. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa komunikasi dalam keluarga penting untuk dibangun.

Membangun komunikasi dalam keluarga bisa dilakukan dengan banyak hal. Bisa dengan manikmati makan malam bersama, minum teh bersama, atau bahkan menonton film bersama. Ketika kebersamaan terus dijaga, secara otomatis kita juga akan menjadi lebih intens dengan keluarga.
Kendati demikian, tidak sedikit dari kita yang kesulitan menciptakan komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Untuk mengatasinya, mari kita simak ulasan tentang 4 cara membangun komunikasi dalam keluarga di bawah ini.

Bangun rasa empati
Tentu kita sudah paham bahwa empati adalah kemampuan kita dalam mendengar dan mengerti orang lain tanpa harus didengar atau dimengerti oleh orang lain. Rasa empati harus dimiliki oleh semua orang, terutam antar anggota keluarga.

Jika memiliki rasa empati, maka anggota keluarga satu sama lain akan merasa memiliki.  Sehingga ketika ada salah satu anggota keluarga yang bahagia, kita akan ikut bahagia, begitu pula ketika ada yang sedih, kita juga bisa merasakan kesedihannya.
Saling menghormati dan menghargai
Rasa saling menghormati dan menghargai wajib dimiliki oleh siapapun. Sikap ini harus kita tunjukkan pada orang lain, terutama keluarga. Antar anggota keluarga akan memiliki sikap saling menghargai apabila sama-sama mempunyai rasa hormat satu sama lain. Terutama anak kepada orang tua, dan untuk orang tua juga harus bisa menghargai yang lebih muda.

Buat momen diskusi yang hangat
Spot yang tepat untuk dijadikan tempat bercengkrama dengan keluarga adalah meja makan. Meja makan memang tidak hanya menjadi tempat Anda menyantap makanan, lebih dari itu momen makan bersama juga bisa menjadi momen yang tepat untuk saling berbagi cerita.

Jangan sungkan untuk menceritakan banyak hal yang mungkin tengah Anda risaukan. Jika Anda menaruh rasa percaya pada keluarga, maka mereka pun akan merasa dihargai karena Anda tidak enggan untuk berbagi cerita. Agar momen makan malam bersama semakin hangat, jangan lupa sajikan camilan dan teh hangat sebagai teman diskusi Anda dan keluarga.

Buat agenda liburan
Komunikasi dalam keluarga bisa berkurang karena kesibukkan masing-masing anggota keluarga. Jadi untuk kembali menciptakan komunikasi yang hangat antar anggota keluarga, Anda bisa bersama-sama melakukan agenda liburan. Luangkan waktu untuk kembali bersama keluarga tercinta, karena merekalah tempat Anda mengadu sukacita.

Demikianlah 4 cara membangun komunikasi dalam keluarga yang dapat Anda terapkan di rumah. Apabila komunikasi yang sehat dapat terjalin, maka ini akan menambah rasa bahagia dan kepuasan dalam diri Anda dan keluarga. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)