Mengikuti Pelatihan Bersama LPB BAPRIDA, Binuang Kalimantan Selatan

Lama tidak update blog kali ini Blogger Banjarmasin hadir lagi posting mengenai acara yang beberapa waktu lalu aku ikuti bersama tema Blogger Banua. Yuk simak :)

Sektor Usaha Kecil Menengah saat ini sedang gencar-gencarnya digenjot oleh pemerintah, karena dari sektor UKM inilah masyarakat bisa kreatif dan juga mendapat penghasilan dengan memanfaatkan kekayaan daerahnya. Semisal di daerah Kalimantan Selatan tepatnya kabupaten Tapin yang memiliki kekayaan alam luar biasa yang bisa diolah.

Salah satu pihak yang perhatian terhadap sektor UKM di daerah ialah  LPB BAPRIDA (Lembaga Pengembang Bisnis Banua Prima Persada) Lembaga yang berada di bawah YDBA (Yayasan Dharma Bakti Astra)  yang beberapa waktu lalu menggelar pelatihan untuk masyarakat guna meningkatkan bisnis UKM yang dijalaninya. Kebetulan aku bersama temanku Iqbal Uzank dari Blogger Banua diundang mengikuti acara tersebut yang bertemakan "Pelatihan Fotografi Sederhana Untuk Produk UKM" untuk mitra binaan LPB Baprida yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Km. 94, Pulau Pinang, Binuang, Tapin, Kalimantan Selatan 18 mei 2017, jaraknya sekitar 2 jam dari pusat kota Banjarmasin.

Sebagai blogger yang notabene hari-harinya hanya dihadapkan dengan gadget dan internet yang jarang melihat keindahan alam banua ini aku sedikit kaget ternyata begitu besarnya kekayaan alam Kaimantan Selatan ini terkhususnya di daerah Tapin tempat diadakannya pelatihan dari LPB Baprida tersebut. Aku sendiri sangat berterima kasih terhadap tim LPB Baprida yang mengundang para Blogger dalam acara dan sangat memperhatikan UKM, tidak mau masyarakat binaannya ketinggalan zaman yang terus berkembang.

Dari acara yang digelar oleh LPB Baprida tersebut bukan hanya para UKM yang diberi wawasan baru tapi justru akulah yang mendapat banyak pengetahuan baru. Diantaranya ialah aku baru tahu kalau cabe terpedas di Indonesia ternyata ada di Kalimantan Selatan yaitu Cabe Hiyung. Dan Cabe Hiyung tersebut merupakan salah satu produk unggulan UKM binaan LPB Baprida. Selain cabe masih banyak lagi produk-produk UKM yang sebenarnya sangat potensial namun gaungnya kurang terdengar hingga ke daerah lain. Terbukti aku sendiri baru tau Cabe Hiyung karena ikut acara ini.

Cabe Terpedas Di Indonesia Hiyung
Produk UKM dari Cabe Hiyung
Lanjut keacara Pelatihannya,  Pelatihan Fotografi Sederhana Untuk Produk Ukm itu sendiri juga LPB Baprida tidak main-main dalam memberikan pelatihannya karena mendatang orang yang benar-benar berkompeten di bidang Fotografi dan sudah lama malang melintang di dunia bisnis internet bapak Beri Mardiansyah dari Prokal. 

Berry Pelatihan Fotograpi LPB Baprida
Baju Hitam,Pak Beri Mardiansyah Sedang Menyampaikan Pelatihan Fotografi Untuk UKM Didampingi Tim LPB Baprida

Beliau yang memiliki banyak sekali ilmu dalam mempromosikan produk di dunia maya dan bagaimana memoles produk-produk agar kekinian yang mungkin belum diketahui oleh para pelaku UKM menjelaskan dengan sabar ,santay namun berbobot dan mudah dipahami oleh peserta.

Sesi Pelatihan Fotografi LPB Baprida Pulau Pinang 2017
Pak Beri Sedang Mencontohkan Teknik Lightning Kepada Peserta
Menjelang siang hari acarapun diakhiri dengan tips bagaimana memasarkan Produk UKM Secara Online melalui jejaring maupun situs jual beli yang sudah ramai di Indonesia saat ini. Nah disinilah aku sedikit kaget ternyata hampir semua dari pelaku UKM yang hadir belum mengenal pemasaran secara online karena keterbatasan koneksi internet juga SDM pelaku UKM yang rata-rata sudah berumur sehingga sedikit gaptek dengan perkembangan yang ada.

Mungkin sektor pemasaran via Online ini perlu di Genjot lagi agar produk-produk UKM di Kalimantan Selatan ini bisa terkenal ke seluruh Indonesia . Semoga para UKM bisa terus berkolaborasi dengan para penggiat dunia maya yang ada di Banua guna mengembangkan bisnisnya. Mengajak Blogger dan mengundang Narasumber yang berkompeten seperti yang dilakukan LPB Baprida ini merupak langkah awal yang sangat bagus.

2 komentar:

  1. Boleh dah kite buat satu jaringan khusus online untuk mencakup wilayah Kalimantan nih Bro :-)

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)