Hukum Qurban Bagi Umat Muslim Yang Melaksanakannya

Kambing Qurban 2017
Berqurban adalah suatu kegiatan menyembelih hewan qurban sesaat setelah sholat idul adha dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur umatnya kepada Allah SWT. Belum diketahui pasti, hukum qurban dalam islam itu wajib atau sunnah. Tetapi banyak ulama yang berpendapat bahwa qurban hukumnya wajib bagi umat islam yang memiliki kelapangan harta dan tidak wajib bagi umat muslim yang kurang mampu. Banyak ulama yang berspekulasi, bahwa sesungguhnya berqurban hampir sama dengan ibadah haji. Qurban itu seperti salah satu ritual dalam islam yang tidak boleh ditinggalkan, karena Allah sangat mencintai hambanya yang telah berqurban saat perayaan idul adha.

Allah memberikan harta dan kenikmatan pada umatnya hanya sementara. Bagi Anda yang memiliki harta lebih, berqurban tidak akan membuat Anda menjadi miskin. Justru Allah akan melipatgandakan rezeki Anda sekaligus pahala Anda. Sesungguhnya kenikmatan dunia itu hanya bersifat sementara dan yang abadi adalah di akhirat. Dengan berqurban Anda bisa menabung sebagai bekal saat di akhirat nanti. Amalan baik yang Anda tabung akan menolong Anda terhindar dari siksa api neraka dan siksa kubur. Allah akan memberikan kenikmatan yang abadi, bagi Anda yang bisa memanfaatkan apapun yang Allah berikan di dunia.

Pentingnya hukum qurban bagi umat muslim
Memang belum jelas hukum qurban itu sebenarnya wajib atau sunnah, namun sudah seharusnya umat muslim yang memiliki kelebihan dari segi materi untuk berqurban. Karena sesungguhnya tidak ada yang lebih mulia dari menghabiskan harta di jalan Allah SWT. Tidak akan merugi orang-orang yang melakukan qurban, karena ia akan mendapatkan banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Harta dan kenikmatan semata-mata dari Allah SWT yang dititipkan pada kita dan bersifat sementara. Lalu mengapa sulit bagi kita untuk mengurangi sedikit harta kita dan mengikuti yang Allah perintahkan?

Berbagai lembaga kemanusiaan di Indonesia, salah satunya Aksi Cepat Tanggap tidak pernah peduli apa sebenarnya hukum qurban. Karena sesungguhnya berqurban adalah perintah Allah SWT dan tidak boleh ditinggalkan, apalagi bagi orang-orang yang memiliki kelapangan harta. Allah sangat mencintai hambanya yang menghabiskan sebagian hartanya karena Allah dan di jalan Allah. Tidak akan merugi orang-orang yang melaksanakan qurban, rezeki mereka akan menjadi berkah. Mempererat tali silaturahmi kepada sesama umat muslim dan menghapus berbagai amalan buruk.

Mungkin hukum qurban tidak begitu penting, terlepas dari itu kita semua mengetahui bahwa Allah telah memerintahkan umatnya untuk berqurban. Maka lakukanlah tanpa ragu. Khususnya untuk Anda yang dianggap mampu dari segi materi. Sembelilah hewan qurban seperti kambing kurban saat hari raya idul adha tiba dan sumbangkan sebagian daging qurban tersebut kepada umat muslim yang lebih membutuhkan. Apapun yang sudah diperintahkan Allah maka hukumnya wajib. Jangan pernah meninggalkannya, selagi Anda masih memiliki kesempatan untuk hidup. Laksanakan perintah Allah dengan tulus dan Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)