Tips Biaya Renovasi Rumah Murah

Renovasi rumah seringkali menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun, ketika memikirkan anggaran yang akan dikeluarkan, pusingnya sudah bukan kepalang, kami di sini akan memaparkan bagaimana cara  mendapatkan biaya renovasi rumah yang sedikit. Karena seringkali untuk renovasi kita mengeluarkan biaya banyak yang bahkan melebihi anggaran yang telah dikeluarkan. Anda bisa mencoba tips-tips kami berikut ini, harapannya agar anda tidak perlu menunda-nunda merenovasi bangunan anda hanya karena masalah keuangan.

Biaya Renovasi Rumah Blogger Banjarmasin Cekaja.com

1. Menentukan skala prioritas biaya renovasi yang dikeluarkan
Sebelum mulai merenovasi, biasanya kita sudah mempunyai rencana dimana saja tempat yang akan direnovasi. Konsistenlah terhadap rencana tersebut. Karena seringkali ketika merenovasi suatu ruangan, kita tergoda ingin menambah renovasi untuk ini itu padahal rencana awal belum terselesaikan. Hal tersebut akan membuat biaya yang kita keluarkan membengkak.. 

Yang harus anda lakukan adalah menentukan skala prioritas manakah tempat yang pertama kala dirasa paling perlu untuk direnovasi. Kemudian, hitunglah berapa pengeluaran yang dihabiskan. Jika budget masih banyak, anda bisa untuk menambah-nambah renovasi di tempat lain.

2. Menggunakan bahan bangunan bekas layak pakai
Bagi anda yang mempunyai bahan bangunan bekas dan masuk dalam kategori bahan yang ikut renovasi, anda bisa memakai bahan tersebut. Dengan catatan, bahan bekas tersebut masih layak dipakai kembali. Agar terlihat seperti baru lagi, anda bisa memolesnya dengan cantik menggunakan cat / vernis/ politer. Cara ini lebih berhemat karena tidak mengeluarkan uang untuk membeli bahan baru, dan juga anda tentunya akan lebih kreatif.

3. Membuat hitungan harga pengerjaan
Susunlah seluruh komponen pekerjaan dengan biaya renovasi rumah yang akan dilakukan, dimulai dari tahap awal pembangunan hingga tahap penyelesaian pekerjaan. Karena rincian komponen pekerjaan yang anda susun bisa saja berkembang kemana-mana dalam realisasinya, anda harus mengecek antara rencana dan realisasi. Hal itu dilakukan sebagai bahan perbandingan biaya.

4. Menghitung rencana pengeluaran
Rencana pengeluaran ini sangatlah penting agar anda dapat memperkiran biaya yang akan dikeluarkan dengan budget yang anda siapkan. Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ini harus disusun berdaasarkan jenis material dan komponen yang dibutuhkan dalam perenovasian.

5. Menentukan toko material
Banyak toko material yang biasanya memperbolehkan pembeli mengangsur dalam membeli bahan bangunan di toko mereka. Dengan begitu, anda bisa mengalokasikan dana renovasi secara bertahap.

6. Memilih jasa tukang dan kontraktor secara selektif
Walaupun anda memiliki budget yang sedikit, jangan sekali-kali anda memilih kontraktor yang belum berpengalaman. Pilihkan kontraktor yang berpengalaman, sehingga pekerjaan cepat selesai dan menghemat biaya renovasi rumah.

7. Menghemat untuk pengeluaran lain
Kebutuhan-kebutuhan lain yang tak terduga bisa saja anda temukan dalam realisasi renovasi. Sehingga anda membutuhkan dana lebih untuk pengeluaran tambahan tersebut. Alokasikanlah dana untuk pengeluaran-pengeluaran tak terduga.

8. Konsultasi dengan ahli bangunan
Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, anda akan mendapat info mengenai harga renovasi murah namun kualitas bangunan tetap mewah. Hal ini juga akan menghindari kecuragan oleh kontraktor soal pengeluaran harga bahan bangunan.

Demikian pemaparan kami mengenai tips memiliki biaya renovasi rumah yang murah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)