Yuk, Kenali Samarinda Lebih Dekat Melalui 4 Tempat Wisata Berikut

Samarinda sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur memiliki sejarah dan budaya yang tak kalah menariknya dari daerah lain di Indonesia. Salah satu keunikan dari kota ini adalah adanya Sungai Mahakam yang membelah tepat di tengah Kota Samarinda. Sungai Mahakam sendiri merupakan sungai terbesar kedua di Indonesia setelah Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. 

Keistimewaan Samarinda tidak berhenti di situ, kota ini juga berdekatan dengan wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan masih masuk ke dalam wilayah bekas kerajaan bercorak Islam, yaitu Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang berjaya pada tahun 1300 sampai 1960. Dengan sisa-sisa kejayaan di sekitar Sungai Mahakam, berikut adalah 4 lokasi yang tepat untuk dikunjungi selama berada di Kota Samarinda:

Desa Budaya Pampang
Desa budaya ini wajib dikunjungi, terutama apabila Anda datang dari luar Pulau Kalimantan. Desa Budaya Pampang dihuni oleh suku Dayak Kenyah yang ramah dan terbuka terhadap pengunjung. 

Desa Budaya Pampang
(sumber : evan.reisha.net)

Waktu terbaik untuk mengunjungi desa ini adalah pada hari Minggu antara pukul 13.00 sampai dengan 15.00 waktu setempat. Pada waktu tersebut, seluruh desa berpakaian dengan baju adat dan mengadakan pertunjukan seni khas suku Dayak.

Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun raya merupakan hutan pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda yang dibuka untuk umum. Di dalamnya terdapat sebuah kebun binatang kecil serta Museum Kayu. Menariknya, di Museum Kayu  Anda bisa menemukan berbagai jenis kayu yang ada dari seluruh Indonesia, terutama jenis yang ada di Pulau Kalimantan.

Kampung Tenun Samarinda
Satu lagi lokasi untuk mengenal Samarinda lebih dekat. Kain tenun khas Samarinda sudah terkenal akan cara pembuatannya yang masih tradisional. Dengan alat tradisional tersebut, sarung tidak akan memiliki jahitan penyambung di tengah kain. Inilah yang membuat kain tenun Samarinda istimewa. 

Kampung Tenun Samarinda
(sumber : kliksamarinda.com)

Kampung Tenun Samarinda terletak di Kecamatan Samarinda Seberang. Ada dua kampung yang menjadi sentra pembuatan kain tenun di sini, yaitu Kampung Baqa dan Kampung Masjid. Di sana, Anda dan keluarga bisa melihat cara pembuatan kain tenun dan bahkan mencoba menenunnya. Anda juga bisa membeli kain tenun yang sudah jadi di Kampung Tenun Samarinda tersebut.

Pulau Kumala
Di hamparan Sungai Mahakam yang lebar, terdapat pulau yang dikenal dengan Pulau Kumala. Pulau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Kutai Kertanegara dengan Kota Samarinda. Pulau ini memang dikembangkan sebagai pusat budaya Kalimantan Timur. Jadi, Anda bisa menemukan replika rumah adat Kalimantan Timur, barang peninggalan candi kerajaan, serta patung lembu yang banyak terdapat di budaya Kalimantan Timur. 

Selain wisata budaya, di sini Anda dan keluarga juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti wahana kereta gantung dan sky tower. Pulau ini rencananya akan dilengkapi dengan penangkaran ikan pesut dan ikan lumba-lumba air tawar. Kedua hewan tersebut memang hewan asli di sana dan spesiesnya hanya ditemukan di Sungai Mahakam.

Jika Anda berencana untuk pergi ke lokasi-lokasi tersebut, ada baiknya Anda mencari penginapan berupa hotel murah di Samarinda. Sebagai pilihan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencari kamar melalui aplikasi atau situs Airy Rooms. Jaringan hotel terjangkau tersebut menawarkan penginapan murah dengan fasilitas yang memuaskan.

Airy Rooms Hotel Murah Samarinda

Untuk memastikan penginapan yang memadai, Airy Rooms selalu menjamin 7 fasilitas ada di setiap kamar di jaringannya. Penginapan yang Anda pilih akan lengkap dengan tempat tidur yang bersih dan nyaman, shower air hangat untuk mandi, perlengkapan mandi, TV layar datar, pendingin ruangan, serta air minum dan koneksi internet gratis. Dengan penginapan yang nyaman, perjalanan Anda bersama keluarga pun akan menyenangkan.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)