Komponen Manajemen Bisnis yang Perlu Diketahui

 

Manajemen Bisnis

Seperti diketahui bahwa manajemen bisnis memiliki 5 fungsi yaitu, perencanaan (planning), pengelompokan (organizing), pengelolaan sumber daya (staffing), tindak kepemimpinan (directing), dan pengawasan(controlling).

Selain fungsi, manajemen bisnis juga memiliki beberapa komponen. Berikut ini berbagai komponen yang ada dalam manajemen bisnis: 

1. Manajemen Pemasaran

Pemasaran atau marketing adalah komponen yang merupakan bagian dari perencanaan dan pengawasan pemasaran produk. Tujuannya adalah agar kegiatan promosi bisa berjalan dengan baik. Komponen ini harus diatur dengan baik, karena sangat berhubungan dengan keberhasilan penjualan. Apabila terjadi kesalahan dalam pemasaran maka produk bisa gagal laris dipasaran. Penentuan strategi pemasaran haruslah diperhatikan dengan baik agar produk bisa diterima dan menarik perhatian calon konsumen. 

2. Manajemen Produksi 

Selanjutnya adalah manajemen produksi yang merupakan komponen pembuatan produk di perusahaan. Komponen manajemen produksi ini meliputi kondisi mesin produksi, operator produksi, bahan baku yang digunakan, dan alur produksi.

3. Manajemen Distribusi 

Komponen lainnya adalah manajemen distribusi. Komponen ini adalah kegiatan agar dapat memastikan kegiatan penyaluran produk telah dilakukan dengan benar. 

4. Manajemen SDM 

Dalam semua kegiatan produksi, pemasaran, hingga pendistribusian tentu melibatkan orang-orang yang ditugaskan untuk menjalani perannya masing-masing. Orang tersebut yang merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi komponen yang penting. 

Tanpa adanya pengaturan SDM yang tepat, maka kegiatan produksi bisa tidak berjalan dengan baik. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi terhambatnya tercapai target perusahaan. Dalam hal ini peran departemen Human Resources Department (HRD) sangat penting mengatur komponen ini.

5. Manajemen Keuangan 

Kemudian komponen yang tidak kalah penting adalah manajemen keuangan. Hal ini karena pengaturan anggaran di perusahaan menjadi salah satu kunci kesuksesan perusahaan sehingga bisa bertahan dan beroperasi dengan baik. 

Kamu bisa mempelajari ilmu manajemen khususnya manajemen bisnis dengan belajar di perguruan tinggi. Kamu bisa sekolah di Kampus Bisnis Terbaik di Indonesia salah satunya yaitu Prasetiya Mulya. Kampus sebagai pelopor Sekolah Bisnis Entrepreneur di Indonesia ini juga menawarkan pembelajaran berbasis proyek sehingga tak hanya mempelajari teori tetapi juga belajar mempraktekkannya secara langsung. Universitas Prasetiya Mulya bekerja sama dengan berbagai industri sehingga para mahasiswa dapat mendapatkan pembelajaran yang nyata. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)