Tips Memberi Makan Anak Susah Makan

Anak Susah Makan

Memberi makan kepada anak merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orang tua. Ada beberapa anak yang makannya gampang namun ada juga beberapa anak yang lumayan sulit saat diberi makan sehingga badannya tidak gemuk dan membuat orang tuanya terkadang bahkan stress sendiri karena dianggap tidak bisa merawat anak dengan benar. Namun sebagai orang tua seharusnya jangan terlalu banyak stress untuk memberi makan kepada anak susah makan dan sebaiknya mencari tahu sebab anak jadi susah makan.

 

Penyebab Anak Susah Makan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak susah makan seperti diantaranya pemilihan waktu memberi makan anak, anak belum lapar, anak belum mau mencoba makanan baru, anak sakit tenggorkan atau anak sakit perut dan alasan alasan lainnya.

 

Berikut ini beberapa tips buat orang tua untuk membantu mengatasi masalah anak susah makan.

 

Buat Anak Fokus Pada Makanan

Di zaman sekarang ini banyak orang tua yang memberikan HP kepada anaknya agar anak tidak rewel termasuk saat memberi makan. Orang tua kerap kali memutarkan video youtube kepada anaknya sambil makan agarnya anaknya tidak kesana kemari. Namun sebaiknya kurangi penggunaan gadget ataupun gangguan lain pada saat anak makan.

 

Ajari anak untuk fokus saat makan dan orang tua memberikan perhatian penuh kepada anaknya saat memberi makan , Jangan sampai orang tua memberikan makan sambil melakukan hal lain seperti sambil nonton tv atau video.  Buat juga suasanya dan posisi yang nyaman untuk anak makan.

 

Jangan Paksa Anak Makan

Sebagai orang tua mungkin ada kalanya merasa stress ketika memberi makan kepada anaknya yang susah makan sehingga orang tua memaksakan anaknya atau memarahi anaknya sehingga anaknya menangis. Hal tersebut justru membuat anak menjadi semakin susah makan karena kehilangan nafsu makannya, jadi jangan terlalu memaksakan terhadap anak. Pilihlah waktu yang tepat untuk memberi makan anak , berilah makan saat anak sudah jam laparnya.

 

Demikian informasi untuk anak susah makan semoga artikel singkat diatas bisa menambah wawasan kita semua. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)