Tata Cara Lengkap bagi Anda yang Ingin Melakukan Sholat Dhuha

 

Niat Sholat Dhuha

Membaca niat sholat dhuha jadi salah satu rukun utama yang harus Anda lakukan saat Anda akan melaksanan sholat Sunnah ini. sholat Sunnah yang satu ini memiliki beberapa keutamaan. Seperti yang disebutkan oleh Imam Ghazali di dalam bukunya yang memiliki judul “Bertambah Kaya Lewat Sholat Dhuha” dia ini mengatakan jika sholat dhuha ini bisa membukakan pintu rezeki jika dikerjakan secara istiqomah dan sungguh- sungguh. Pada kesempatan ini yuk kita bahas mengenai bacaan dan juga tata cara dalam melaksanakan sholat dhuha.


Niat Sholat Dhuha


1. Niat sholat dhuha dua rakaat

“Ushalli sunnatadh dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa”

Artinya: "Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala,"


2. Niat sholat dhuha empat rakaat

“Usholli sunnatadh dhuhaa arba'aa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa”

Artinya: "Aku niat salat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah ta'ala."


Tata Cara Sholat Dhuha

Tata cara dalam melakukan sholat dhuha tidak bedak jauh dengan melakukan sholat Sunnah yang lainnya. sholat ini di mulai dengan membaca niat terlebih dahulu kemudian di tutup dengan salam. Ini dia urutannya lebih lengkap lagi:


1. Membaca niat sholat dhuha

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa Iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca satu surah di dalam Al Quran

6. Rukuk

7. I'tidal

8. Sujud pertama

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua

11. Bangkit dan melaksanakan rakaat kedua sesuai yang dilakukan pada rakaat pertama

12. Tasyahud akhir dan salam


Dalam melaksanakan sholat dhuna di rakaat yang pertama di sarankan untuk membaca surat Ad Dhuha untuk rakaat pertama dan surah Asy Syams untuk rakaat yang kedia. Tapi jika tidak bisa Anda juga masih boleh membaca surat pendek lainnya yang ada di dalam al-quran. 


Doa Setelah Sholat Dhuha

Dikutip dari buku “Keberkahan Sholat Dhuha, Raih Rezeki Sepanjang Hari Plus Ayat & Doa Pembuka Rezeki” ini dia bacaan doa yang bisa Anda panjatkan setelah solah dhuha selesa di laksanakan:


“Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka.”


“Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.”


Artinya: "Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu.Ya Allah, jika rezeki masih diatas langit, turunkanlah .dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang shaleh,"


Batas Waktu Sholat Dhuha

Seperti yang dikataka  oleh Imam Al Ghazali didalam kitab Ihya' Ulumudin dia mengatakan jika sholat dhuha ini bisa di mulai saat matahari sudah terbit  dan tingginya sama dengan ombak. Bisanya bertepatan dengan jam 7 pagi. Ada beberapa ulama yang menjelaskan jika sholat dhuha ini di mulai saat matahari sudah meninggi dari sebelumnya. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)