5 Fakta Unik Dan Menarik Lumba – Lumba, Yuk Ceritakan Pada Si Kecil !

  

Fakta Unik Lumba Lumba

Selain bisa memperkaya pengetahuan anak, mengenalkan lumba – lumba kepada anak juga bisa mendorong si kecil untuk lebih menyayangi makhluk hidup lainnya termasuk hewan. 

Nah, karena itu, Bunda bisa simak fakta – fakta unik lumba – lumba berikut ini untuk kemudian diceritakan kembali kepada anak. 

1. Lumba – Lumba Termasuk Hewan Mamalia 

Lumba – lumba termasuk hewan mamalia laut yang berkembangbiak dengan cara melahirkan atau disebut juga hewan viviar. Lumba – lumba juga bisa menyusui anak – anaknya. 

Sebagai mamalia, biasanya hewan ini hanya akan melahirkan satu anak dengan masa kehamilan yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Mulai dari 10 hingga 18 bulan. 

Lumba – lumba berbeda dengan jenis ikan lain sehingga tidak bernapas dengan insang namun menggunakan paru – paru. Hal itu terbukti dari pergerakannya yang biasanya muncul ke atas permukaan air untuk mengambil udara. 

Lumba – lumba bernapas menggunakan lubang sembur atau lubang hidung yang terletak diatas kepalanya. Sehingga saat naik ke permukaan air untuk bernapas, udara akan akan langsung masuk ke dalam paru – parunya. 

2. Lumba – Lumba Memiliki Lapisan Lemak Tebal 

Lumba – lumba memiliki lapisan lemak sangat tebal di tubuhnya yang berguna untuk melindungi tubuh dari perubahan iklim yang ekstrem. Selain itu, lapisan lemak sangat tebal itu juga bisa membantu daya apung saat didalam air. 

Kemudian, lapisan lemaknya juga berfungsi sebagai perlindungan karena pemangsa akan kesulitan untuk melewati lapisan lemak yang sangat tebal tersebut. Fakta unik lainnya, lumba – lumba memiliki kulit yang terlihat halus dan mengkilap dengan sifat penyembuhan luka yang sangat cepat. Bahkan, luka terdalam sekalipun bisa disembuhkan dalam waktu singkat. 

Sehingga lumba – lumba tidak akan mengalami pendarahan atau kematian meskipun ada bagian tubuhnya yang mengalami luka sangat dalam. 

3. Lumba – Lumba Adalah Penyelam Yang Hebat

Dikenal sebagai hewan mamalia laut yang hebat dalam hal berenang, lumba – lumba dapat berenang dengan kecepatan 3 hingga 7 mil per jam. Ada beberapa jenis lumba – lumba yang mampu berenang dengan kecepatan 20 mil per jam. Bahkan ada jenis lain yang bisa melebihi dan mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan 20 mil per jam. 

Selain itu, mamalia laut ini juga dikenal sebagai penyelam hebat yang bisa menyelam hingga 1.000 kaki dibawah air. 

4. Lumba – Lumba Adalah Hewan Laut Yang Cerdas

Lumba – lumba adalah hewan mamalia laut yang dikenal sangat cerdas. Lumba - lumba juga memiliki kepribadian yang ramah serta peduli terhadap hewan lain dan bahkan manusia. 

Saat sejumlah ilmuwan melakukan penelitian untuk membandingkan antara ukuran rasio otak dengan tubuh, hewan mamalia yang menakjubkan ini menempati urutan kedua setelah manusia. 

Lumba – lumba mampu memecahkan masalah, berinteraksi sosial, serta menggunakan sistem komunikasi yang kompleks. Hewan ini tidak hanya belajar sebagai individu namun juga cenderung dapat membagikan pengetahuan tersebut kepada jenis lain didalam kelompoknya. 

5. Lumba – Lumba Hidup Berkelompok 

Lumba – lumba termasuk hewan yang suka hidup berkelompok. Karena itu, hewan ini sering dijumpai berkelompok saat berenang dan muncul ke permukaan laut. Selain itu, lumba – lumba juga memiliki sifat alami untuk tetap bersama induknya dalam waktu lama sebelum meninggalkan kawannya. 

Bahkan beberapa jenis tinggal bersama induknya selama 3 atau bahkan hingga 8 tahun lamanya. Kebiasaan hidup berkelompok itulah yang juga merupakan salah satu faktor kecerdasan lumba – lumba. 

Sebab, kelompok sosial yang kompleks dan berevolusi seiring waktu akan membuat otaknya terus berkembang sehingga lumba – lumba memiliki kecerdasan dan kemampuan interaksi sosial yang baik. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)