Mau Beli Mobil Baru Secara Cash? Ketahui 4 Hal Ini Dulu!

 

Seva


Jika ini kali pertama membeli mobil secara cash, ada banyak hal yang wajib diketahui oleh pemula. Hal ini berguna supaya mendapatkan kesepakatan terbaik nan menguntungkan. Ada berbagai cara yang bisa dipilih ketika membeli mobil, seperti secara cash atau kredit.


Ide yang terpikirkan bahwa harus menabung bertahun-tahun dulu supaya kesampaian beli mobil baru membuat metode tunai kurang dilirik. Di balik itu, pembelian tanpa cicilan jauh lebih menguntungkan, karena terbebas dari biaya bunga.


Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Beli Mobil Secara Cash

Namun, apa saja yang harus dipersiapkan ketika mau menyambangi dealership? Inilah rangkuman terkait hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menjemput mobil pertama:


1. Budget Sesuai dengan Mobil Impian

Pastinya sebelum menetapkan target tabungan, konsumen sudah tahu jenis dan harga mobil yang diincar. Akan tetapi, faktor inflasi pun perlu diperhatikan. Cek secara rutin guna memastikan budget di tabungan cukup untuk membeli mobil impian.


Terlebih, model mobil kerap berganti seiring waktu. Pilih mobil yang mampu memenuhi kebutuhan masing-masing, misalnya pilih MPV apabila untuk keperluan keluarga atau LCGC apabila ingin hemat biaya pengeluaran bensin.


2. Booking Fee

Calon pemilik mobil terlebih dulu menyerahkan booking fee sebagai tanda jadi. Besarannya bervariasi, ada yang 1 juta hingga 5 juta rupiah. Dealer lain mungkin menetapkan tarif yang lebih tinggi atau rendah.


Pihak dealer biasanya terbuka untuk negosiasi penawaran. Lakukan hal ini supaya mendapatkan penawaran terbaik. Setelah menyerahkan uang tersebut, pihak dealer akan memberikan SPK sebagai bukti yang sah.


3. Baca SPK dengan Baik

SPK adalah surat pemesanan kendaraan yang akan diberikan kepada konsumen. Sebaiknya dibaca di tempat yang tenang supaya pikiran fokus dan bisa menelaah poin-poin di dalamnya dengan baik. Pasalnya, SPK akan ditandatangani oleh kedua belah pihak.


Langsung tanyakan kepada pihak dealer andai ada poin yang tidak sesuai kesepakatan atau kurang dimengerti. Sesaat menerima selebaran ini, pastikan perhatikan poin-poin berikut:


Tanggal Pemesanan

Apakah sesuai dengan tanggal booking fee diserahkan?

Harga Mobil

Apakah harga akhir bisa berubah menjadi lebih tinggi di kemudian hari?

Warna Mobil

Apakah warna yang dipilih sudah permanen atau bisa diubah setelah booking?

Promo Mobil

Apakah promo yang diterima sesuai dengan kesepakatan bersama?

Aksesoris

Apakah ada bonus aksesoris yang dijanjikan oleh pihak dealer?

Bonus

Apakah ada bonus lain yang dijanjikan pihak dealer? 


Tanyakan pula apakah ada refund 100% jika konsumen membatalkan pemesanan secara tiba-tiba? Atau bagaimana upaya pihak dealer sekiranya ada masalah di kemudian hari yang tidak sesuai dengan SPK?


4. Tidak Malas Cari Informasi 

Penting mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya saat membeli mobil. Apalagi pembeli pertama pengalamannya lebih sedikit dibandingkan pembeli berpengalaman. Jangan biarkan rasa keinginan membesar sehingga keputusan cari mobil baru dibuat secara tergesa-gesa. 


Berikan waktu sebanyak mungkin untuk mengumpulkan informasi terkait jenis-jenis mobil beserta pilihan harga. Selain itu, pertimbangkan pula dari sisi kualitas, transmisi, fitur, kelebihan dan kekurangan mobil yang diinginkan. Kunjungi forum online untuk mendapatkan insight lebih dalam.


Mobil terkadang memiliki cara perawatan yang berbeda, jadi pertimbangkan hal-hal mendetail serupa dengan baik. Temukan mobil dengan spesifikasi paling sesuai kebutuhan.


Bahkan, rajinlah mengulik nilai jual mobil setelah digunakan selama beberapa tahun. Hindari memilih mobil yang sulit dijual supaya dana bisa kembali sewaktu-waktu, meski potongannya terbilang cukup besar.


Memang dibutuhkan disiplin tinggi untuk membeli mobil secara cash. Hal ini tidak sama sekali mustahil, meski penghasilan termasuk standar. Uang tabungan pun dapat disimpan di deposito supaya membantu menambah pemasukan per bulan. Jadi, sudah siap buat menabung dari sekarang?  SEVA


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)