Berikut Oleh oleh Makanan Khas dari 8 Kota di Indonesia

 

Sagu Lempeng Papua


Berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia rasanya kurang afdol jika tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Biasanya oleh-oleh berupa makanan lebih enak untuk dibawa dan diberikan kepada teman kantor atau keluarga karena lebih terasa khasnya.


Jika Anda bingung mau bawa oleh-oleh apa dari beberapa daerah di Indonesia, berikut ada sedikit rangkuman yang bisa Anda lirik.


Papua

Jika berkunjung ke Raja Ampat resort, Anda tidak hanya disuguhkan dengan pelayanan yang terbaik, tetapi juga deretan oleh-oleh khas Papua. Di sana, Anda bisa membawa pulang oleh-oleh makanan berupa sagu lempeng, abon gulung, kue bagea, keripik keladi, sarang semut, kue lontar, dan martabak sagu.


Pontianak

Jika Anda pernah menonton film Aruna dan Lidahnya, pasti familiar dengan kudapan lezat yang ada di Pontianak. Oleh-oleh dari Pontianak begitu beragam mulai dari choipan, pengkang, coklat lidah buaya, teh lidah buaya, bingke berendam, sirup sengkit, dan lempok durian. Lezat, ya!


Malang

Kota yang terkenal dengan bahasa terbaliknya ini mempunyai deretan oleh-oleh yang tak kalah seru dari kota lain. Di Malang, Anda bisa menemukan aneka keripik buah seperti buah salak, apel Malang, strawberry, dan nangka. Selain itu, Anda juga bisa membeli deretan camilan lain seperti ledre pisang, keripik tempe, keripik ceker, juga aneka olahan yang terbuat dari ubi ungu.


Padang

Berjamurnya restoran Padang di Jakarta, bukan berarti tidak ada oleh-oleh khas dari kota Padang. Di sana, Anda bisa menemukan oleh-oleh makanan seperti roti randang, karak kaliang, randang talua, randang runtiah, galamai, bareh randang, dadiah, batiah, kipang kacang, kue sapik, dan arai pinang. 


Mamuju

Sulawesi Barat tidak hanya menyuguhkan deretan destinasi alam yang memukau, tetapi juga ragam oleh-oleh unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Sebut saja, golla kambu, bikang, kue tetu, bolu paranggi, kue paso, roti pawa, dan jepa.


Tasikmalaya

Kota Tasik sering dijadikan tempat wisata lantaran banyak objek wisata alam yang bisa dijelajahi. Tak hanya itu, Tasikmalaya juga mempunyai berbagai macam oleh-oleh makanan yang bisa dibawa, seperti kolontong,  sale pisang jemur, opak ketan oven, ladu ketan, tutug oncom instan, keripik sukun, citruk, wajit ketan, kalua jeruk, godeblag, dan yang wajib dibawa adalah rangginang.


Medan

Ke Medan jika cuma bermain ke Pulau Samosir dan mengukur berapa dalam Danau Toba saja rasanya tidak cukup. Karena ada banyak sekali oleh-oleh khas Medan yang perlu Anda beli. Seperti bolu meranti, teri Medan, manisan jambu, kacang sihobuk, sirup buah markisa, kopi Sidikalang, dan bika ambon.


Batam

Daerah yang dikenal sebagai Singapura-nya Indonesia ini memiliki segudang oleh-oleh yang unik. Selain barang-barang branded, Batam juga mempunyai ragam oleh-oleh seperti teh bunga rosella, luti gendang, kue batang buruk, bingka bakar, keripik kari, bilis molen, dan otak-otak Batam.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)