Mengintip Sejarah Bitcoin Dan Cara Menggunakannya

 

BTC Idr

Saat ini kripto currency BTC IDR ETH dan koin lainnya semakin dikenal. Sebenarnya bagaimana sih awal mula terciptanya bitcoin? Sejarah Bitcoin Berdasarkan buku The Bitcoin Genesis, sejarah Bitcoin berawal dalam bulan November 2008. Seseorang menggunakan nama pengguna Satoshi Nakamoto merilis sebuah makalah ke milis kriptografi. Makalah ini terdiri menurut sembilan laman & diberi judul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System”. Muncul kebingungan mengenai pengertian Bitcoin & bagaimana seharusnya dipakai. Setelah periode beta, acara tadi disempurnakan supaya lebih gampang dipahami buat dipakai. Pada tahun 2009, Bitcoin dirilis pada komunitas internet menggunakan klaim bisa dipakai buat membayar secara anonim. Berdasarkan buku   Bitcoin, Blockchain, & Cryptocurrency: A Complete Guide, Satoshi mengirim Bitcoin pada Hal Finney, sesama penggemar kriptografi. Transaksi tadi sukses & kenyataan Bitcoin mulai dikenal masyarakat. 

Pada saat itu sistem dan metode pencatata transaksi bitcoin hanya berupa catatan transaksi pada blockchain. Kemudian sebuah lembaga daring berkomunikasi & mengatur transaksi pada kode asal terbuka. Pada tahun baru 2010, bursa pertama dibuka yangg memungkinkan perdagangan Bitcoin terstruktur. Pengguna tumbuh & dalam Mei 2010, Gunung Gox diluncurkan menjadi bursa ke 2 & sebagai loka secara umum dikuasai buat memperdagangkan Bitcoin. Berdasarkan publikasi pada jurnal Intersect, Vol 11, No 2, Satoshi Nakamoto menjadi pencipta Bitcoin datang-datang menghilang dalam tahun 2011. Dalam data transaksi, diperkirakan Satoshi mempunyai satu juta Bitcoin. Pada saat itu awal November 2015, satu Bitcoin bernilai US$384. Nilainya terus naik sampai dalam akhir tahun 2017, harga satu bitcoin mencapai harga tertinggi mencapai hampir US$20.000. Menurut Open Exchange Rates, satu Bitcoin waktu ini bernilai US$51.285,22 atau lebih kurang Rp735 juta. 

Cara Kerja Bitcoin

Cara Kerja Bitcoin Merujuk dalam buku  Bitcoin And Cryptocurrency Technologies, cara kerja Bitcoin memakai sistem "koin", yang diperoleh menggunakan "mining" koin atau membelinya. Beberapa orang sudah mengumpulkan jutaan Bitcoin, mengumpulkannya selama beberapa tahun. Bitcoin yang diperoleh disimpan pada buku   akbar  publik yang bisa diakses kapan saja. Mengutip buku   Getting started with Bitcoins, protokol Bitcoin nir menyimpan data eksklusif. Sistemnya memberikan privasi melalui kriptografi. Baca Juga Pengertian Crypto, Dasar Hukum & Mekanisme Perdagangan buat Pemula Pengguna bisa mempunyai poly dompet Bitcoin sebesar mungkin sinkron kebutuhan. Kunci eksklusif dibutuhkan buat mengautorisasi transaksi yang disimpan secara lokal pada dompet pengguna. Seluruh transaksi melalui proses yang disebut "mining". Mining pula berperan menjadi prosedur buat menghasilkan & mendistribusi Bitcoin. Proses mining merupakan tindakan menambahkan transaksi ke blockchain sebagai akibatnya seluruh orang bisa menyetujui rangkaian transaksi yang sama. 

Itu dia sedikit ulasan tentang bitcoin dan sejarah terbentuknya. Sama seperti digital banking, saat ini mata uang Kripto bisa diakses melalui internet dan teknologi blockchain. Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi pada instrument tersebut pastikan sudah melakukan riset terlebih dahulu ya!


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)