10 Malaikat Allah Yang Harus Kita Ketahui Nama – Nama Serta Tugasnya

Malaikat


Sebagai seorang pemeluk agama islam, maka wajib baginya untuk meyakini akan rukun iman yang kedua yaitu, iman kepada Malaikat-Malaikat Allah. Oleh karena itu, untuk meyakininya anda harus mengetahui nama malaikat dan tugasnya

Malaikat diciptakan dari cahaya dan tidak bisa anda lihat, namun sebagai seorang muslim anda harus meyakini akan keberadaannya yang merupakan ciptaan Allah SWT. Malaikat juga merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang selalu taat akan perintahnya dan menjauhi larangannya. 

Sebenarnya ada ribuan Malaikat yang Allah SWT ciptakan tetapi hanya ada 10 Malaikat yang wajib anda ketahui beserta tugasnya.

1. Malaikat Jibril 

Malaikat Jibril adalah Malaikat pertama yang wajib anda ketahui yang memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu kepada para rasul. Selain menyampaikan wahyu, Malaikat Jibril juga meniupkan roh kepada setiap janin yang masih ada di dalam kandungan. 

2. Malaikat Mikail 

Malaikat Mikail memiliki tugas memberi rezeki kepada seluruh makhluk ciptaan Allah SWT yang ada di bumi. Tidak hanya memberi rezeki kepada manusia tetapi kepada tumbuhan dan binatang pun akan diberi rezeki. Selain itu, untuk mengatur hujan, angin, dan tanaman juga merupakan tugas dari Malaikat Mikail. 

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas untuk meniup sangkakala saat tiba hari kiamat. Sangkakala adalah benda sejenis terompet, yang akan ditiup oleh Malaikat Israfil atas izin Allah SWT untuk mematikan semua makhluk hidup. 

Sangkakala akan ditiup sebanyak dua kali. Tiupan pertama adalah untuk mematikan semua makhluk hidup, yaitu pada hari kiamat. Sedangkan tiupan kedua untuk membangkitkan semua makhluk hidup yang mati, yaitu pada hari kebangkitan. 

4. Malaikat Izrail 

Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Kematian adalah takdir yang tidak bisa diubah oleh setiap makhluk hidup. Oleh karena itu, ketika tiba takdirnya untuk mati maka Malaikat Izrail akan datang untuk mencabut nyawanya. 

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar memiliki tugas untuk memberi pertanyaan kepada orang yang sudah mati di alam kubur, khususnya mengenai perbuatan buruk yang telah diperbuat selama hidupnya di dunia. 

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang mirip dengan Malaikat Munkar, yaitu bertanya kepada orang sudah mati di alam kubur, perbedaannya terletak pada pertanyaan yang diberikan. Malaikat Nakir akan bertanya mengenai amal baik yang dilakukan oleh orang tersebut selama menjalani hidupnya di dunia. 

7. Malaikat Raqib 

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat seluruh amal baik dari seluruh manusia semasa ia hidup. Jika anda baru berniat saja untuk melakukan amal baik, maka Malaikat Raqib akan langsung mencatatnya. 

8. Malaikat Atid 

Malaikat Atid memiliki tugas yang mirip dengan Malaikat Raqib, yaitu mencatat seluruh amal yang dilakukan oleh seluruh manusia semasa ia hidup tetapi Malaikat Atid hanya mencatat seluruh amal buruk saja. 

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka. Neraka adalah tempat yang sangat mengerikan dan akan menjadi tempat bagi orang – orang yang dalam hidupnya selalu berbuat buruk dan tidak mengikuti perintah Allah SWT. 

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan memiliki tugas menjaga pintu surga. Berkebalikan dengan neraka, surga adalah tempat yang sangat indah dan akan menjadi tempat bagi orang – orang yang semasa hidupnya selalu berbuat baik dan patuh akan perintah Allah SWT. 


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)