Bacaan Doa Setelah Adzan Subuh dan Magrib

 

Doa Setelah Azan

Sebagai umat islam yang baik Anda harus tau apa doa setelah azan. Adzan ini merupakan salah satu tanda untuk umat muslim melakukan ibadah kepada Allah SWT. Sama seperti menjawab paggilan dari seseorang ketika adzan berkumandang kitajuga haru menjawab panggilan tersebut. Seperti sabda dari Allah SWT "Jika kalian mendengar muazin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bershalawatlah untukku, karena barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku alwasilah, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak pantas diperoleh kecuali untuk seorang hamba Allah; dan aku berharap, (bahwa) akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memohonkan untukku alwasilah, maka akan mendapat syafaatku." (HR. Muslim).

Lafadz yang ada pada adzan ini memiliki jawaban yang berbeda, ada beberapa juga ladadz yang di jawab dengan kalimat yang percis sama dengan lafadz adzan, tapi ada juga beberapa lafadz yang memiliki jawaban yang berbeda dengan lafadz adzan. Saat adzan berkumandang berarti Allah SWT ingin umatnya untuk berhenti dari aktifitasnya dan melakukan ibadah kepadanya. Hukum dari baca doa setelah adzan berkumandang ini Sunnah. Ini dia doa yang bisa Anda baca: 

“Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz”

Artinya: "Yaa Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karuniaMu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan."

Bacaan doa setelah adzan ini sesuai dengan sebuah hadist yang bunyinya: "Barangsiapa ketika (selesai) mendengar azan mengucapkan doa ini; “Allahumma rabba hadzihid da’watit tammah was shalatil qoimah ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab ‘asthu maqomam mahmudanil ladzi wa ‘attah,’ maka dia akan mendapat syafaatku di hari kiamat." (HR. Bukhari).

Saat adzan subuh berkumandang ada lafadz yang sedikit berbeda pada adzan yang lainnya. Pada saat adzan subuh berkumandang  aka nada sebuah kalimat "Ashsalatu khairum minan naum". Lafadz tersebut tidak ada pada adzan di waktu yang lainnya. Jika kita artikan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah "sholat lebih baik daripada tidur".  Karena terdapat kalimat yang beda maka ada juga doa khusus yang di anjurkan oleh ulama pada saat adzan subuh berkumandang. Doa yang di baca ini memiliki makna untuk mohon ampunan saat subuh. Waktu subuh ini adalah salah satu waktu yang paling tetap untuk memanjatkan doa serta mohon ampun kepada Allah SWT. Ini dia doa yang dibaca setelah Adzan subuh: “Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du'aaika faghfir lii” Artinya: "Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."

Bukan hanya pada sholat subuh saja, tapi ada juga waktu yang baik untuk kita memanjatkan doa khusus, yaitu pada saat adzan magrib. Seperti yang ada dalam sebuah kitab Jami’ul Ahadits pada juz IV, hal. 250, doa yang bisa dibaca setelah adzan magrib yaitu: “Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii” Artinya: "Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)