Tips Lancar Menyusui Bayi yang Baru Lahir

Menyusui Bayi


Menjalani peran sebagai ibu baru terkadang membingungkan pada awalnya. Pertama kali menyusui bayi mungkin akan membuat Moms kebingungan bagaimana cara yang baik. Berikut ini tips yang perlu Moms ketahui saat menyusui.


1. Inisiasi Menyusu Dini

Inisiasi Menyusu Dini atau IMD adalah mencoba menyusui untuk pertama kalinya ketika ia baru saja lahir. Bayi akan ditempelkan di dada dan payudara diposisikan hingga puting menyentuh mulut bayi. Meskipun tak akan selalu berhasil dalam satu kali mencoba, Anda bisa mendorong bayi agar membuka mulut dan mau mencoba untuk mengisap puting susu. Cobalah terus hingga bayi berhasil menyusu. 


2. Temukan Tempat yang Nyaman

Supaya dapat menyusui dengan baik, penting untuk memilih tempat yang nyaman selagi memberikan ASI. Temukanlah tempat yang nyaman untuk menyusui, misalnya di atas kasur atau di kursi yang empuk.


Gunakanlah bantal yang nyaman untuk bersandar, dan pastikan posisi duduk senyaman mungkin dan punggung tidak pegal. Dengan begini, Anda tidak akan merasa mudah lelah selama menyusui.


3. Posisikan Badan Senyaman Mungkin

Selain menyusui di tempat yang nyaman, posisi badan juga harus senyaman mungkin. Pilihlah posisi yang paling nyaman bagi Anda dan juga bayi, misalnya jika Anda merasa lebih nyaman menyusui sambil tidur menyamping dibandingkan sambil duduk, maka sebaiknya menyusui sambil berbaring saja.


Seiring pertumbuhannya, posisi ibu menyusui bisa berubah-berubah menyesuaikan dengan bayi. Jika bayi sudah semakin besar, bisa saja dia sudah tidak betah lagi menyusu sambil berbaring dan lebih menyukai menyusu sambil duduk.


4. Pastikan Pelekatan Bayi (Latching) Baik

Perlu diperhatikan bahwa selama menyusui pastikan mulut bayi menutupi seluruh areola, bukan hanya puting. Untuk memperbaiki pelekatan bayi, doronglah kepalanya dengan lembut agar areola masuk ke mulutnya dengan sempurna.


Pada awal-awal masa menyusui, bayi masih belajar untuk melekat dengan baik, sehingga mungkin saja timbul rasa sakit hingga puting yang lecet. Jika merasakan rasa sakit saat menyusui, masukkan satu jari di antara gusi bayi agar mulutnya terlepas dari payudara. Kemudian, benarkan posisi bayi hingga pelekatan menjadi sempurna.


5. Konsultasi Jika Mengalami Kendala

Berbagai kendala bisa dialami ketika menyusui. Misalnya payudara bengkak, puting yang lecet atau sakit, bahkan kelenjar susu yang tersumbat atau mastitis.


Permasalahan kesehatan yang tidak ditangani dengan segera dapat memburuk dan Anda bisa saja menjadi tak bisa menyusui atau malah membenci proses menyusui karena merasa sakit. Jika mengalami rasa sakit yang sangat membuat tidak nyaman, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada tenaga ahli.


Itulah tip menyusui bayi baru lahir yang bisa Moms terapkan. Agar proses menyusui semakin nyaman, pastikan si Kecil menggunakan popok yang nyaman seperti popok Merries. Lapisan bersirkulasi udara dari popok Merries akan membuat si Kecil selalu tersenyum ceria.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)