Mengenal Jenis Tabung Oksigen Kecil Supaya Tidak Salah Pilih

 

Tabung Oksigen Kecil

Pada masa pandemic seperti sekarang ini, tabung oksigen merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan. Tabung oksigen memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya yaitu untuk membantu pernapasan.

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona ini membuat beberapa orang yang terinfeksi mengalami gejala sesak nafas. Sehingga tabung oksigen kecil menjadi salah satu barang yang banyak dicari baik bagi para pasien penderita penyakit paru-paru maupun penyakit lainnya.

Pembelian tabung oksigen yang berukuran kecil saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menemukan tabung oksigen di beberapa e-commerce, toko yang menjual alat Kesehatan dan di apotek-apotek terdekat. 

Sebelum Anda membeli oksigen, ada beberapa jenis tabung oksigen yang wajib diketahui. Berikut ini adalah jenis-jenis tabung oksigen yang digunakan untuk memasok oksigen supaya tidak salah ketika membeli atau menggunakannya.

Jenis-Jenis Tabung Oksigen

- Sistem Tabung Gas Oksigen Cair

Jenis tabung oksigen yang pertama yaitu sistem oksigen cair. Tabung gas yang satu ini menggunakan jenis oksigen yang bisa diisi ulang. 

Tabung gas ini bisa diisi ulang menggunakan reservoir oksigen. Jenis tabung gas yang satu ini bisa digunakan untuk kebutuhan emergency di rumah. Tabung gas ini juga berbentuk potable sehingga bisa dibawa kemanapun dengan mudah.

- Sistem Gas Terkompresi

Jenis tabung oksigen yang selanjutnya yaitu sistem gas terkompresi. Jenis tabung yang satu ini merupakan jenis tabung yang portable. 

Jenis tabung yang berbentuk portable bisa digunakan untuk bepergian dan mudah untuk dibawa kemanapun. Hal ini sangat dibutuhkan untuk para pasien yang mengharuskan menggunakan oksigen secara terus menerus. 

Tabung gas jenis ini sangat dibutuhkan untuk para pasien yang menderita penyakit paru-paru dan membuatnya kesulitan bernafas. Sehingga pasien membutuhkan tabung oksigen yang digunakan untuk kehidupan sehari-harinya.

Saat penggunaan tabung ini, pasien bisa mengontrol penggunaan dari tabung oksigen ini. Pasien bisa mengontrol untuk menghemat tabung oksigen atau dalam istilah medis sering disebut dengan OCD (oxygen conserving device).

- Konsentrator Oksigen Rumah

Sebelum Anda membeli tabung oksigen, mengenal jenis-jenis tabung oksigen yang bisa digunakan di rumah-rumah sangatlah penting. Tabung oksigen jenis lainnya yaitu konsentrator oksigen rumah. 

Alat ini bisa digunakan pada rumah dan sangat berguna untuk pasien yang memiliki penyakit paru-paru atau penyakit yang menyebabkan kesulitan bernapas. Alat ini berupa konsentrator oksigen dan digunakan dengan dihubungkan ke stop kontak.

Cara kerja alat ini yaitu dengan menarik udara yang ada di dalam ruangan lalu menghilangkan kadar nitrogen serta menghilangkan kotoran pada udara tersebut. Alat ini bisa membantu pasien mendapatkan pasokan oksigen yang murni.

- Portable Oxygen Consentrator (POC)

POC atau konsentrator oksigen portable merupakan salah satu jenis tabung oksigen yang bisa digunakan oleh para pasien di rumah atau diluar rumah. Tabung oksigen portable ini merupakan salah satu jenis tabung yang bisa digunakan untuk kegiatan diluar rumah oleh pasien.

Cara membawa tabung ini yaitu dengan diikat pada punggung atau menggunakan roda untuk menarik tabung oksigen ini. Tabung oksigen yang satu ini meskipun portable dan dapat dipakai dimana saja, namun untuk menggunakannya, pasien membutuhkan perangkat yang lain.

Perangkat-perangkat yang dibutuhkan yaitu untuk menyambungkan ke bagian hidung seperti kanula hidung, kateter transtrakeal atau bahkan bisa menggunakan masker. POC bisa digunakan dengan membutuhkan tenaga listrik dan berukuran kecil supaya memudahkan pasien membawa tabung tersebut.


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)