Apakah Asuransi Gigi Penting untuk Anda? Simak Pertimbangannya di Sini!

 

Asuransi Gigi FWD


Setelah memiliki polis asuransi kesehatan, Anda barangkali tengah mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi gigi. Keputusan ini memang sangat layak untuk Anda pertimbangkan, mengingat bahwa kesehatan gigi, gusi, dan mulut sama pentingnya dengan kesehatan organ tubuh lainnya. Ditambah lagi, biaya perawatan gigi, gusi, dan mulut juga tidaklah sedikit.


Perlukan Memiliki Asuransi Gigi?

Pada dasarnya, asuransi didesain untuk memberikan proteksi bagi Anda dari skenario terburuk yang dapat mempengaruhi kondisi finansial Anda maupun orang-orang sekitar di masa depan. Hanya saja, asuransi untuk gigi berbeda dari jenis-jenis asuransi lainnya, misal asuransi jiwa atau kesehatan.

Produk asuransi seperti asuransi jiwa dan kesehatan memberikan proteksi atas risiko dan kerugian yang sangat tinggi sehingga ada potensi bahwa Anda tidak bisa menanggungnya tanpa memiliki asuransi. Sedangkan untuk asuransi gigi, risiko kerugiannya terbilang cukup rendah.


5 Pertimbangan Utama Sebelum Memilih Asuransi Gigi

Sesuaikan dengan budget

Sebelum Anda mulai berburu informasi soal asuransi gigi, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui batas kemampuan finansial Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa memilih asuransi yang sesuai dengan budget Anda, yang juga berarti bahwa Anda mampu membayar polisnya secara rutin. 

Catat bahwa semakin banyak pertanggungannya, maka semakin mahal polisnya. Sementara itu, membayar polis secara rutin adalah satu-satunya cara agar proteksi dari asuransi gigi bisa berjalan aktif.

Apakah Anda sudah memiliki dokter gigi langganan?

Selama ini, apakah Anda sudah rutin mendatangi klinik atau dokter gigi tertentu? Kalau iya, pastikan apakah dokter gigi Anda tergabung dalam jaringan perusahaan asuransi atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa persempit pilihan dengan memilih produk asuransi gigi yang terhubung dengan dokter gigi Anda.

Kalau ternyata tidak, Anda bisa minta info dari perusahaan asuransi apakah ada opsi untuk mendapatkan pertanggungan jika Anda mengunjungi dokter gigi yang ada di luar jaringan mereka. Hanya saja, alternatif ini biasanya juga mengakibatkan Anda membayar lebih mahal.

Apakah Anda sudah mendapatkan manfaat gigi dari asuransi kelompok?

Biasanya, asuransi kantor atau asuransi kesehatan keluarga sudah mencakup manfaat gigi. Jadi, cek dulu polis asuransi kesehatan yang Anda miliki atau yang Anda dapatkan dari kantor untuk mendapatkan info soal manfaat gigi yang tersedia.

Apabila ternyata Anda sudah mendapatkan manfaat gigi, membeli asuransi gigi bisa jadi opsi yang dapat Anda lewati. Akan tetapi, jika Anda rupanya masih menghendaki proteksi ekstra untuk perawatan gigi, gusi, dan mulut dari yang Anda peroleh lewat manfaat gigi, membeli asuransi gigi jelas merupakan pilihan yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Pahami isi polisnya

Apapun jenis asuransi yang akan Anda beli, selalu pastikan bahwa Anda membaca isi polisnya dengan lengkap dan cermat. Pasalnya, polis mencantumkan semua informasi penting mengenai proteksi asuransi Anda, termasuk batas nilai pertanggungannya serta masa/periode tunggu sejak Anda membeli asuransi sampai proteksinya bisa aktif.

Dengan memahami isi polis, Anda pun tidak akan merasa “ditipu” atau salah pilih. Proses klaim pun bisa Anda lakukan dengan lebih mudah karena Anda sudah tahu apa saja kondisi dan syaratnya.

Apa saja pertanggungannya?

Poin yang satu ini juga tercantum jelas di dalam polis asuransi yang Anda beli. Tinjau polis asuransi gigi dengan cermat sebelum membelinya untuk membantu Anda menentukan tingkat pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan serta budget Anda. 

Secara garis besar, asuransi gigi menawarkan proteksi untuk tiga hal, yaitu  perawatan rutin dan preventif seperti pemeriksaan berkala dan pembersihan gigi, perawatan darurat, hingga perawatan kompleks.

Bagaimana, apakah Anda sudah memutuskan untuk membeli asuransi gigi? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda memilih dengan lebih bijak dan cermat, ya!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)