Seminar IT Bareng Ceo Jagoan Hosting di Banjarmasin Maret 2011

Pagi tadi Blogger gaptek menghadiri sebuah 'Seminar IT Gratis' yang diadakan Telkom Speedy di Duta Mall Banjarmasin. Berbeda dari bayanganku akan seminar-seminar yang kebanyakan dilakukan di tempat tertutup (ruangan khusus) acara seminar kali ini berlangsung di sebuah mall (Duta Mall Banjarmasin) di ruangan terbuka. Seminar kali ini justru berlangsung di tengah-tengah mall tepatnya lantai 1 (setela lantai dasar). Acara berlangsung santai, dibuka dengan 2 MC yang membagikan hadiah dengan games lucu.

Setelah sesi games berakhir, kemudian acara dilanjutkan dengan seminar It Gratis.
Sesi pertama seminar ini bertema  "SUKSES MEMBANGUN BISNIS ONLINE" dan yang jadi pembicaranya ialah orang yang sanagat berkompeten di bidangnya yaitu Ceo Jagoan Hosting Indonesia bapak Danton Prabawanto.

Saat pa Danton Prabawanto menyampaikan materinya

Beliau memaparkan materinya dengan  menarik dengan memberi judul EKSIS DI INTERNET  pada slide Power Point yang beliau tampilkan di layar ukuran besar di atas panggung. Pada sesi itu beliau juga sedikit berbagi pengalaman dan menceritakan beberapa remaja yang sukses eksis di internet lewat media website.

Dua hal yang sempat aku catat dari paparan beliau apabila kita eksis di internet ialah :

1.  Pengenalan diri
Apabila kita eksis di internet kita bisa saja terkenal dengan mudah, tapi harus dengan cara yang positif jangan ambil cara negatif. Contoh yang terkenal lewat internet ialah Raditya Dika. Dia terkenal lewat blog pribadinya yang di buat menjadi sebuah buku yang laris dipasaran.
 Berawal dari sebuah blog lalu dia mencapai ketenaran setelah ada yang tertarik menjadikan blognya sebagai buku.

Seperti caraku juga mencoba eksis di internet  lewat media blog. He

2. Banyak Teman
 Memperoleh teman lewat internet itu lebih mudah ketimbang mencari teman di dunia nyata. Kita bisa mencari teman lewat sosial media seperti Facebook, Twitter , Koprol , Plurk , Myspace, Friendster, forum, lewat blog atau yang lainnya.
Kalau kita memiliki banyak kenalan di Internet hal tersebut juga bisa bedampak positif di kehidupan nyata kita.

Setelah memaparkan beberapa manfaat eksis di internet kemudian pa Danton sampai di slide yang berisi video.  Video tersebut berisikan animasi menarik tentang definisi dari website dan komponen yang ada dalam website seperti domain dan hosting.
Hosting di analogikan sebagai sebuah bangunan / rumah. Kapasitas sebuah hosting di analogikan seperti ukuran / kapling lahan bangunan tersebut sedangkan domain di analogikan sebagai alamat bangunan / rumah.

Danton Prabawanto selaku Ceo Jagoanhosting.com diakhir acara juga memberikan diskon khusus untuk para blogger Banjarmasin yang ingin memakai jasa mereka di jagoanhosting.com apabila ada sobat blogger banjarmasin yang ingin lebih serius ngeblognya dan memerlukan hosting sendiri bisa kontak tim jagoanhosting kata beliau. Selain memberikan diskon khusus tersebut beliau juga memberikan satu tantangan untuk para peserta seminar tadi khususnya para siswa-siswi Smk Telkom Banjarbaru yaitu siapa yang berhasil membuat hot thread di forum Kaskus maka akan beliau beri hadiah sebuah I Pod. Ayo siapa kaskuser banjarmasin di sini? bisa buat hot thread? !

Hampir satu jam berlalu pa Danton mengakhiri untuk sesi beliau dan kemudian dilanjutkan dengan acara lainnya yang membahas 'Profesional Audio Enginering' sesi inipun tidak kalah kerennya namun aku tidak mengikuti sampai habis karena kaki sudah mulai penat berdiri tadi. Maklum tidak cukup bangku sehingga aku cuman berdiri sejam lebih, he.

Jujur ini adalah pengalaman pertamaku mengikuti seminar TI jadi mungkin akan selalu aku ingat . Semoga bermanfaat.

Miftah Farid

11 komentar:

  1. wah bau pertama sih..
    kalau aku berkali-kali..
    sempat juga jadi pembicara seminar TI dipesantren.

    BalasHapus
  2. @ Speed Reader Blogz : heeh,, auk pertama kali , gaptek lo auk neh, he

    Jadi pembicara apa sob kamu sempat ?
    mantaaap

    BalasHapus
  3. nice posting bro, suksez always...

    BalasHapus
  4. @ JAgoan Hosting : Makasih banyak Mas.

    @ Amir : Makasih jg mas,, salam Sukses :)

    BalasHapus
  5. wah mantep neh sayang kaga ikut soalnya ada urusan wes selamat ya situ kan juara 2

    BalasHapus
  6. @ agung : makasih,,, aku Alhamdulillah Juara 3 mas,

    :)

    semoga bisa ikut di kompetisi lainnya mas :)

    BalasHapus
  7. prestasi yg mantap itu gan... ane boleh minta kursus pribadi gak , biar bisa jadi juara jg. heheheh

    BalasHapus
  8. prestasi yg mantap itu gan... ane boleh minta kursus pribadi gak , biar bisa jadi juara jg. heheheh

    BalasHapus
  9. @ Dhiel : wah mau kursus,, ane aja baru pertama kali ikut lomba dan masih newbie BGt di dunia Blog ini :)

    BalasHapus
  10. Menarik banget acaranya, apalagi ada sesi bagi-bagi hadiah..

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar :)