Sedang Menunggu Kelahiran Buah Hati? Berikut List Perlengkapan Untuk Bayi Baru Lahir

Perlengkapan Bayi

Kelahiran buah hati memang selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Sembari menunggu lahirnya sang buah hati, anda bisa mempersiapkan perlengkapan apa saja yang harus tersedia. Sebab, bayi yang baru lahir membutuhkan perlengkapan yang tidak sedikit. Berikut list perlengkapan untuk bayi baru lahir yang harus anda siapkan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Tersedia

1. Perlengkapan Pakaian Bayi

Perlengkapan pertama yang harus anda siapkan adalah seperangkat pakaian bayi. Anda bisa menyediakan 1 lusin popok kain untuk persediaan. Mengapa harus popok kain? Sebab, bahan dari popok kain lebih lembut, sehingga dapat menghindari terjadinya iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Selain itu, bayi lebih sering buang air kecil maupun besar, sehingga anda perlu punya cadangan popok.

Perlengkapan pakaian yang juga perlu disiapkan adalah baju, celana, kaus dalam, dan baju hangat. Untuk menjaga kehangatan tubuh bayi, maka pakaian yang dipakai juga berlapis-lapis. Anda harus mempertimbangkan bahan dari pakaian tersebut, pilihlah bahan yang lembut agar tidak menyebabkan gangguan pada kulit bayi.

Sebagai pelengkap, anda bisa menyediakan 2 hingga 3 buah topi, sarung tangan, dan kaus kaki untuk menjaga kehangatan bagian jari tangan, jari kaki, dan kepala bayi. Pakaian menjadi list perlengkapan untuk bayi baru lahir yang harus diperhatikan dengan baik ketika memilihnya.

2. Perlengkapan Untuk Mandi

Perlengkapan mandi tidak boleh tertinggal karena menjadi hal yang penting untuk menjaga kebersihan si kecil. Melansir dari asimor.co.id, perlengkapan mandi yang bisa anda siapkan adalah handuk, waslap, sabun, sampo, perlak, dan bak mandi. Dalam memilih perlengkapan ini, pastikan memang diformulasikan untuk bayi, terutama saat memilih sabun, sampo, handuk, dan waslap.

Sabun dan sampo yang anda pilih pastikan sudah bebas dari kandungan yang tidak diformulasikan bagi bayi, seperti alkohol atau parfum. Kulit bayi yang sensitif harus mendapatkan perawatan terbaik agar tidak mudah iritasi atau mengalami masalah kulit lainnya. Begitu pula dalam memilih handuk atau waslap, pilihlah yang bahannya lembut.

3. Perlengkapan Tidur Bayi

List perlengkapan untuk bayi baru lahir yang tidak boleh terlewatkan adalah perlengkapan untuk tidur, diantaranya tempat tidur khusus bayi, perlak untuk menahan cairan yang dikeluarkan oleh bayi akan kasur tidak mudah basah, kelambu untuk melindungi bayi dari nyamuk atau serangga lain, dan kain bedong.

Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya tidak perlu menggunakan bantal dan selimut. Mengutip dari On Safety, bantal dan selimut memiliki resiko yang berbahaya untuk bayi. Ketika menggunakan kain bedong, hindari membedong yang terlalu kencang karena akan menyulitkan gerak bayi.

4. Perlengkapan Pelengkap

Selain daftar perlengkapan yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa barang yang perlu anda siapkan sebagai penunjang perawatan bayi. Untuk menggendong bayi, anda bisa menggunakan selendang atau gendongan bayi, kemudian minyak telon untuk meningkatkan kehangatan tubuh bayi sekaligus sebagai perlindungan dari gigitan nyamuk.

Kain kasa dan kapas steril akan anda butuhkan untuk membungkus dan membersihkan tali pusar bayi. Ketika anda harus bepergian sambil membawa bayi, maka anda membutuhkan tas bayi untuk membawa berbagai perlengkapan bayi. List perlengkapan untuk bayi baru lahir lainnya adalah pembersih telinga, gunting kuku khusus bayi, dan celemek bayi.

Perlengkapan yang perlu anda siapkan untuk menyambut kelahiran si buah hati memang cukup banyak dan memerlukan perhatian khusus agar tidak salah pilih. Namun, hal tersebut tentunya juga untuk kebaikan bayi anda agar tidak terjadi gangguan kesehatan karena asal dalam memilih perlengkapan bayi.


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)