Bagaimana Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Menguning

 

Mencuci

Apakah anda memiliki baju favorit berwarna putih? Jika iya, menjaga dan merawat baju tersebut supaya tidak mudah menguning dan kusam adalah tugas yang harus dilakukan. Lantas seperti apakah cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning dan mengalami warna yang kusam? Jika penasaran, berikut ulasan lengkapnya yang bisa anda praktekkan.  

Tips Ampuh Agar Baju Putih Tidak Menguning Dan Menjadi Kusam

1. Pisahkan Pakaian Putih Dengan Pakaian Warna Lainnya

Langkah penting dan menjadi hal paling utama yang tidak boleh terlewatkan agar pakaian putih selalu bersih, yakni dengan memisahkannya dengan pakaian yang memiliki warna selain putih. Perlakuan khusus ini untuk mengurangi resiko pakaian berwarna kuat atau gelap luntur dan menodai pakaian yang berwarna putih atau terang. 

Tidak hanya itu saja, tapi dengan memisahkan warna pakaian, juga sebagai upaya dalam  memastikan suhu pencucian yang tepat. Mungkin baju berwarna putih mampu menahan suhu tinggi, tetapi berbeda halnya dengan pakaian lainnya seperti bahan jeans atau sweater yang sebaiknya dalam suhu air yang hangat ataupun dingin. 

2. Hindari Meletakkan Terlalu Banyak Cucian

Tips berikutnya yaitu hindari mencuci pakaian terlalu banyak, terlebih jika anda menggunakan bantuan mesin cuci. Mungkin hal ini sudah menjadi kebiasaan, namun sayangnya untuk menerapkan cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning, anda harus hindari meletakkan terlalu banyak pakaian atau kain lainnya pada mesin cuci.  

Hal ini harus diperhatikan, karena jika mesin cuci kelebihan berat, tidak ada cukup ruang yang ada dia antara pakaian dan juga air untuk membilas. Selain itu, kotoran juga lebih mudah menempel pada kain lainnya. Tentu hal ini akan membuat pakaian putih akan terlihat lebih kusam.  

3. Gunakan Pilihan Deterjen yang Tepat

Agar pakaian putih tetap bersih cemerlang, gunakan pula deterjen dengan kandungan pencerah optik. Yang mana kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk menipu mata dengan membelokkan gelombang dari sinar UV untuk mematikan cahaya biru sekaligus meminimalkan cahaya kuning yang dilihat dari warna baju putih tersebut. 

Meskipun kemampuan deterjen ini cukup menggoda, namun perhatikan pula untuk jangan memberikan deterjen secara berlebih. Mengapa? Karena dikhawatirkan kandungan deterjen akan tertinggal di serat pakaian. Maka dari itu, cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning, yakni dengan perhatikan berapa takaran deterjen yang harus disesuaikan.

4. Segera Bersihkan Noda Membandel

Apabila pakaian putih terkena noda, anda harus segera membersihkannya. Hindari untuk menunggu noda menjadi kering, karena kondisi tersebut akan menyulitkan anda dalam membersihkan noda di permukaan baju putih. Pada poin ini, anda juga bisa lebih cermat dengan mengikuti panduan menghilangkan noda di kain tertentu.

Jika memutuskan membersihkan noda dengan pemutih klorin, gunakanlah cairan tersebut dengan benar. Sayangnya banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini, padahal menambahkan pemutih bersamaan dengan deterjen justru melawan keefektifan kedua kandungan tersebut. 

Patut diketahui pula, bahwa pemutih klorin dapat merusak kain apabila digunakan secara berlebih. Sedangkan untuk pemutih berbasisi oksigen, biasanya lebih aman dan kerap diberlakukan oleh sebagian orang  sebagai cara tepat mencuci baju putih agar tidak menguning pada kain berbahan wol.

Demikian ulasan singkat seputar langkah mudah agar pakaian putih tidak gampang kusam dan menjadi kuning. Mulai dari cara meletakkan pakaian, memilih deterjen yang tepat, hingga memilah dan memilih pakaian sesuai dengan warnanya. Dengan begitu, anda akan menurunkan potensi pakaian putih berubah menjadi kuning atau kusam.


Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)