Biar Lebih Hemat, Ini 4 Rahasia Menghemat Tinta Printer yang Bisa Dicoba

Printer Hemat Tinta

 

Ketika menggunakan printer, Anda pastinya pernah mengeluh “mengapa tinta printer cepat habis, padahal dokumen yang dicetak belum sepenuhnya tercetak”. Ya, di beberapa kasus, memang ada saja yang mengalami kejadian tersebut sekalipun sudah mengganti tinta printer dengan yang baru. Untuk mencegahnya, Anda tentu membutuhkan cara hemat tinta printer supya tidak mengganggu proses cetak, terutama mencetak dalam jumlah banyak.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut, check it out:

1. Manfaatkan keberadaan print preview

Cara paling ampuh yang bisa dicoba untuk menghemat tinta printer adalah memanfaatkan fitur print preview. Di mana, dengan menggunakan fitur ini dapat membantu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses cetak. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah ada kesalahan sebelum dokumen tersebut dicetak. 

2. Pilih cartridge satu warna

Selain itu, untuk menghemat pemakaian tinta, sebaiknya Anda memilih cartridge satu warna saja. Atau, maksudnya adalah memilih printer yang memisahkan warna menjadi tiga cartridge yang lebih kecil seperti kuning, magenta, dan cyan). Dengan memilih printer seperti ini, Anda pun bisa mengganti cartridge yang kosong saja tanpa perlu membuang tinta yang lainnya. 

3. Pemilihan font juga berpengaruh

Ketika Anda membuat tulisan di Ms. Word, pastinya Anda akan diberikan berbagai pilihan font yang sangat menarik. Hampir setiap font memiliki ketebalan huruf yang berbeda sehingga hal yang demikian sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika Anda mencetak dokumen dengan font besar dan tebal, pastinya tinta printer Anda pun akan cepat habis. Oleh sebab itu, pastikan Anda mempertimbangkan penggunaan huruf untuk menghemat tinta printer.

4. Matikan printer dengan cara yang benar

Selain menghindari terjadinya kerusakan, tindakan mematikan printer dengan mengedepankan prosedur yang tertera di buku panduan konon juga bisa membantu dalam menghemat tinta printer. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memastikan jika printer benar-benar sudah mati sebelum memutuskan daya listriknya. Dengan melakukan hal ini, maka cartridge printer akan berada pada posisi yang tepat dan dapat mencegah tinta mengering dalam waktu cepat.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara menghemat tinta printer yang mungkin bisa Anda terapkan agar tinta printer tidak cepat habis. Semoga bermanfaat, ya!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)