Memahami Pengertian Polis dan Cara Memilih Polis yang Tepat

Polis Asuransi

Kondisi tak terduga di masa depan seringkali membuat seseorang merasa khawatir. Apalagi dengan keuangan yang tidak stabil, sehingga berbagai kejadian buruk yang mungkin terjadi tidak dapat diatasi dengan baik. Hal ini mendorong seseorang untuk membeli asuransi, sebagai jaminan saat mengalami kerugian tertentu. Di dalam asuransi ada istilah polis dan istilah lainnya.  Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian polis  dan cara memilih polis, yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Mengenai Polis di Dalam Asuransi
Bagi anda yang masih awam, pastinya akan bertanya tanya mengenai apa itu polis. Polis sendiri merupakan surat perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah yang mengandung aturan mengenai asuransi. Baik perusahaan maupun nasabah wajib mengetahui isi dari asuransi meliputi pengertian dasar hingga peraturan yang mengikatnya. Selain itu, polis menjadi bukti untuk mendapatkan hak sebagai nasabah asuransi dan mengajukan klaim asuransi. 

Berbagai informasi yang termuat di dalam polis meliputi mekanisme ganti kerugian, durasi atau masa asuransi, metode pembayaran, jumlah premi, hingga masa tenggang.Untuk jenis polis kesehatan, maka akan diatur juga mengenai rumah sakit rekanan yang bisa dikunjungi untuk oleh pemegang polis. Sebelum menandatangani polis, nasabah harus benar benar paham mengenai pengertian polis dan segala aturan yang dijelaskan di dalam polis tersebut. 

Biasanya perusahaan akan memberikan waktu sekitar 14 hari bagi nasabah untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang diatur dalam polis tersebut. Calon nasabah juga harus memastikan jika data yang tercantum di dalam polis sudah benar, sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memudahkan saat mengajukan klaim asuransi. Selanjutnya, kewajiban nasabah yaitu membayar premi sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Cara Memilih Polis Asuransi yang Tepat
Setelah memahami tentang polis, maka anda juga perlu mengetahui cara memilih polis asuransi terbaik. Langkah pertama yaitu memperhatikan informasi penting yang ada di dalam polis. Mengingat polis menjadi pedoman bagi kedua belah pihak apabila nantinya terjadi sengketa akibat kesalahpahaman salah satu pihak. Membaca  polis untuk memahami pengertian polis, merupakan pilihan langkah yang harus anda lakukan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Jika anda menyelesaikan prosedur sesuai dengan ketentuan yang telah ditulis di dalam polis, maka dengan pasti klaim akan cair dengan mudah. Namun, waspada juga penting dilakukan karena bisa saja perusahaan asuransi yang dipilih kurang terpercaya.  Ada juga yang tidak memberikan informasi secara rinci mengenai apa saja yang masuk dalam tanggungan dan informasi penting lainnya. Maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai kredibilitas perusahaan tersebut. 

Beberapa jenis polis menawarkan  premi yang rendah namun manfaatnya yang kurang optimal. Selain itu, ada juga pembayaran premi yang cukup mahal, namun jenis yang ditanggung juga lebih banyak. Untuk mengetahui hal  tersebut, maka sebaiknya cari tahu informasi produk yang ditawarkan dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh nasabah. Jika memang belum memahami pengertian polis dengan baik, maka anda bisa meminta bantuan agen asuransi untuk menjelaskannya.

Polis menjadi bukti bagi pemegang polis untuk mengajukan klaim kepada pihak penanggung. Jika kondisi tidak sesuai dengan keterangan yang ada di dalam polis, maka pihak penanggung bisa saja menolak klaim tersebut. Maka dari itu, penting memahami polis sebelum memutuskan membeli asuransi. Asuransi memang memberikan jaminan, namun anda juga harus memikirkan premi yang harus dibayarkan dalam waktu tertentu, sehingga alternatif terbaik yaitu dengan berinvestasi. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)