Cegah Gigi Berlubang, Yuk Simak Cara Menghilangkan Karang Gigi

Menghilangkan Karang Gigi Pepsodent

Karang gigi merupakan salah satu masalah gigi yang cukup serius. Tidak hanya mengganggu penampilan saja, terbentuknya karang gigi juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Hal ini disebabkan adanya karang gigi akan membuat bakteri tumbuh dengan baik. Bahkan karang gigi juga mengakibatkan bau mulut yang tidak sebab hingga masalah gusi, sehingga karang gigi harus segera dihilangkan. Berikut ini cara menghilangkan karang gigi yang bisa anda terapkan.

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras
Mungkin sebelumnya anda masih bertanya mengenai bagaimana karang gigi bisa terbentuk. Sebenarnya karang gigi muncul akibat sisa makanan atau minuman yang menumpuk. Selanjutnya, sisa makanan tersebut tidak dibersihkan, atau bisa jadi anda menyikat gigi namun tidak dengan cara yang benar sehingga terbentuklah plak. Apabila dibiarkan secara terus menerus, maka plak tersebut akan membentuk karang gigi yang semakin lama akan semakin mengeras.

Jika sudah demikian, maka cara menghilangkannya dapat dilakukan dengan melakukan scaling. Tentunya scaling harus dilakukan oleh dokter gigi. Ada dua teknik scaling yang bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi, diantaranya metode ultrasonik dan metode mekanik. Cara membersihkan karang gigi dengan metode ultrasonik dilakukan dengan menggunakan getaran frekuensi tertentu. Sedangkan scaling gigi metode mekanik menggunakan periodontal curette.

Cara menghilangkan karang gigi dengan metode scaling dinilai sangat ampuh. Umumnya scaling gigi harus dilakukan setidaknya enam bulan sekali. Untuk kasus tertentu seperti kondisi mulut dan gigi yang lebih mudah terbentuk karang gigi maka scaling bisa dilakukan lebih sering lagi. Namun, ini harus menyesuaikan dengan anjuran dari dokter gigi. Karang gigi yang  sudah sangat keras memungkinkan terkikisnya enamel gigi yang terlalu banyak.

Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi 
Agar karang gigi tidak sampai menumpuk dan mengeras, maka anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mencegahnya, seperti menggosok gigi secara teratur. Menyikat gigi harus dilakukan setidaknya dua kali setiap hari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Menyikat gigi bisa dilakukan selama dua menit dan usahakan membersihkan dengan cermat sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi yang tepat. 

Gigi yang kurang bersih meskipun anda sudah menyikat gigi, juga bisa disebabkan karena anda salah memilih pasta gigi. Maka dari itu, anda harus memilih pasta gigi yang tepat. Jika memiliki gigi yang sensitif, anda bisa memilih Sensitive Expert by Pepsodent  yang nyaman digunakan karena dapat mengurangi rasa ngilu saat anda menyikat gigi. Dengan demikian, anda bisa menggosok gigi lebih bersih dan terbentuknya karang gigi dapat dicegah.

Untuk gigi bisa lebih bersih secara maksimal, maka sebaiknya anda menggunakan benang pembersih gigi sebelum menggosok gigi. Fungsi dari penggunaanya sendiri yaitu, untuk menjangkau sisa sisa makanan yang ada di sela sela gigi. Anda bisa melakukannya sekali dalam sehari baik pada malam hari sebelum tidur atau setelah makan siang. Selain itu,  anda juga bisa menerapkan cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan cairan obat kumur.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan karang gigi. Akan lebih baik jika anda melakukan pencegahan agar karang gigi tidak semakin menumpuk. Jika menyadari karang gigi sudah mulai mengeras, maka anda harus segera mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan entah dengan scaling metode mekanik maupun metode ultrasonik. Karena karang gigi yang sudah mengeras bisa menimbulkan masalah gigi yang lebih serius. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)