Sering Melakukan Kesalahan Ini Saat Menangani Luka Bakar? Segera Hentikan!

Air Mengalir Luka Bakar

Menderita luka bakar akan memberikan sensasi sakit yang luar biasa kepada Anda. Bukan hanya rasa nyeri akibat luka tersebut, sensasi rasa panas juga akan didapat saat seseorang menderita luka bakar kena knalpot atau apapun. Pengunaan obat luka bakar knalpot pun jadi sangat penting agar luka bakar bisa segera disembuhkan dan kembali beraktivitas secara normal.

Meskipun obat luka bakar sangat penting dalam proses penyembuhan luka, sayangnya, masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan dalam penanganan pertama luka bakar. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Sebelum lanjut, jangan lupa juga untuk selalu membaca artikel salep untuk Luka lama sembuh dari guesehat.com

Mengoleskan mentega pada luka bakar
Ketika baru mengalami luka bakar, Anda tentu akan berusaha untuk menyembuhkannya secepat mungkin. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyembuhkan luka bakar mulai dari cara yang bisa dibuktikan secara medis maupun mitos-mitos dalam penyembuhan luka bakar. Salah satunya yang seringkali dilakukan adalah mengoleskan mentega ke luka bakar.

Mengoleskan mentega ke luka bakar dipercaya oleh beberapa orang bisa membantu meredakan rasa nyeri dari luka bakar tersebut. Padahal, belum ada satupun penelitian yang membuktikan kebenaran hal tersebut. Sebaliknya, mengoleskan mentega ke luka bakar justru mempersulit proses penanganan luka secara medis dan meningkatkan potensi terjadinya infeksi. Untuk itu, hindari cara tersebut dan bersihkan luka dengan air mengalir agar tidak ada kotoran yang masuk kedalamnya.

Tidak menggunakan air mengalir saat membersihkan luka
Proses pembersihan luka merupakan hal penting yang perlu diperhatikan betul dalam langkah pertama penanganan luka. Sebab, pembersihan luka berguna untuk mencegah terjadinya infeksi serta membantu proses penyembuhan luka agar berjalan lebih cepat. Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan adalah tidak menggunakan air mengalir saat membersihkan luka.

Penggunaan air mengalir untuk membersihkan luka merupakan hal yang wajib dilakukan. Air mengalir bertujuan agar kotoran yang telah tersapu tidak kembali ke luka atau tidak berputar-putar saja di area luka. Sehingga, kotoran bisa terangkat secara maksimal dengan cara menggunakan air mengalir.

Dua kesalahan diatas perlu dihindari jika Anda ingin menyembuhkan luka bakar dengan cepat. Tapi, jangan lupa juga untuk rutin membaca info kesehatan agar mendapatkan pengetahuan baru seputar dunia kesehatan dan menyiapkan obat dengan beli obat online di goapotik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)