Sederhana, Inilah 4 Tahap Cara Beli Obligasi

Investasi

Salah satu investasi yang kini semakin digemari masyarakat adalah obligasi, diantaranya melalui seri investasi terbaru ST-006. Dengan cara mendapatkan yang semakin mudah dan nominal yang terjangkau, tak heran jika banyak orang mulai meminati instrumen investasi yang satu ini. Bila Anda tertarik untuk memilikinya maka tak ada salahnya menyimak cara membeli obligasi yang diperkenalkan pemerintah ini. 

Cara Mudah Berinvestasi ST-006 
Cara melakukan pembelian obligasi Sukuk Tabungan ST-006 bisa dikatakan cukup sederhana terlebih jika Anda sudah terbiasa dengan smartphone. Ya, untuk mendapatkannya Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti tanamduit yang bisa diinstal di smartphone. Adapun tahapan yang perlu Anda lalui diantaranya 

Registrasi
Langkah pertama adalah Anda mendaftarakan diri sebagai "Calon Investor" lewat mekanisme elektronis milik Mitra Distribusi, tanamuduit misalnya. Selanjutnya, Anda perlu menginput data meliputi data diri, nomor identifikasi (SID/Single Investor Identification), nomor rekening dana serta nomor rekening surat berharga. Jangan khawatir, tanamduit akan memudahkan Anda untuk mendapatkan nomor-nomor tersebut. 
Perlu diketahui bahwa individu yang berhak membeli obligasi ritel ini adalah perseorangan (WNI/Warga Negara Indonesia) yang dibuktikan dengan e-KTP dan NIK yang valid. Tentunya ini sudah bukan menjadi masalah bagi Anda yang merupakan penduduk Indonesia. 

Pemesanan
Ketika proses registrasi Anda dinyatakan berhasil, berikutnya Anda melakukan pemesanan ST-006. Ingat untuk selalu membaca ketentuan yang tertera dalam Memorandum Informasi secara cermat. Proses pemesanan ini hanya bisa dilakukan selama masa penawaran ST-006 tersebut dibuka.

Pembayaran
Pasca pemesanan ST-006 Anda sudah diverifikasi, maka Anda akan mendapatkan kode pembayaran (kode billing) yang dikirim melalui melalui email maupun SMS sesuai kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing Mitra Distribusi.

Kode billing ini digunakan pada saat penyetoran dana investasi lewat Bank Persepsi, yaitu teller, ATM, internet banking maupun mobile banking. Pembayaran menggunakan kode billing ini memiliki batas waktu tertentu yang pastinya akan disampaikan oleh pihak mitra. Pembayaran bisa dilakukan melalui jaringan Bank yang didukung seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI dan CIMB dimana masing-masing menerapkan prosedurnya sendiri.

Konfirmasi
Setelah pembayaran selesai, Anda akan menerima NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi bahwa order completed. Selanjutnya Anda akan mendapatkan alokasi ST-006 tersebut di tanggal setelmen.

Demikianlah cara membeli obligasi secara garis besar. Anda juga bisa mendapatkan obligasi ritel ini di tanamduit yang merupakan Mitra Distribusi Kementrian Keuangan untuk penjualan SBN ritel secara online. 

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)