Inilah Cara Belajar Membaca Anak yang Menyenangkan

belajar membaca anak

Membaca merupakan suatu hobi yang bermanfaat bagi siapa pun. Tidak hanya dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan, membaca juga dapat mengasah imajinasi dan melatih berempati. Sudah banyak juga penelitian yang melaporkan bahwa hobi membaca dapat membuat hidup kita jadi lebih bahagia. 

Di sisi lain, kebiasaan membaca sebaiknya mulai ditanamkan sejak kecil agar terus berlanjut menjadi hobi baca buku sampai dewasa. Lalu, bagaimana cara yang tepat belajar membaca anak sejak dini? Berikut ulasannya!

Pastikan agar Si Kecil Mengenal Huruf Alfabet
Sebelum mulai mengajarkan tentang membaca pada anak, pastikan dulu anak sudah akrab dengan bentuk-bentuk huruf alfabet A sampai Z juga tahu cara melafalkannya. Jika belum, maka mulailah dengan mengajarkan alfabet lewat lagu, video, atau mainan. Setelah anak fasih dengan nama huruf dan bentuknya, Anda dapat menanyakan nama huruf secara acak untuk menguji seberapa mantap ingatan anak tentang alfabet.

Bangun Rasa Ingin Tahu Anak
Untuk lebih menarik perhatian belajar membaca anak, Anda bisa mulai coba membaca keras-keras sembari mengekspresikan isi bacaan lewat mimik wajah. Buat bacaan dalam buku cerita yang dibaca selucu dan semenarik mungkin agar anak ingin terus bisa membaca.

Latih dengan 3 Kata Pendek dalam Sehari
Awali tahap pertama dengan menggunakan ejaan huruf  vokal di belakangnya. Misalnya seperti kata “I-B-U”, “M-A-U”, atau “M-A-M-A”. Selanjutnya, lanjutkan dengan ejaan akhir huruf konsonan seperti “N-E-N-E-K” atau “M-A-K-A-N”. Pastikan pelafalan huruf di lidah benar. 

Coba dengan pelafalan yang agak susah seperti akhiran “ng” dan selipan “ny”. Contohnya pakai kata “N-Y-A-N-Y-I” atau “U-A-N-G”. Setelah itu, Anda bisa coba kata yang lebih sulit dengan huruf mati alfabet di tengah kalimat seperti “K-U-R-S-I” atau “T-R-U-K”.

Gunakan Permainan Kartu Membaca
Terlalu memaksakan belajar membaca anak akan berakhir sia-sia. Maka, Anda dapat menyiasatinya dengan cara belajar sambil bermain. Beli atau buat sendiri kartu membaca sekreatif  mungkin agar dapat membangkitkan minat anak membaca. 

Anda dapat membuatnya dengan kertas karton warna-warni yang dipotong sebesar pamflet A6 dan tempelkan gambar-gambar yang mewakili kata tersebut. 

Berikan Hadiah atas Keberhasilannya
Anda dapat memberikan anak hadiah atas keberhasilannya melewati tahap demi tahap belajar membaca. Beri pujian atas keberaniannya jika membaca lantang di depan keluarga. Hadiah dapat menjadi dorongan bagi si kecil untuk lebih semangat belajar membaca.

Sediakan Banyak Buku Bacaan di Rumah
Dengan terus melakukan cara efektif belajar membaca anak, orangtua juga harus menyediakan “umpan” yang lebih banyak dan bervariasi agar anak tidak mudah bosan. Variasi buku bacaan dapat membantunya memperkaya kosa kata baru. Sediakan buku-buku cerita di kamar atau di tempat anak biasa bermain. Pilih buku bacaan yang kira-kira  anak sukai, mulai dari kartun ataupun dongeng klasik. Hal ini dapat membangun rasa ingin tahu anak untuk terus belajar membaca dan menikmati isi cerita.

Saat membacakan dongeng, pangku anak dan letakkan jari Anda di bawah kata-kata bacaan untuk menunjukkan bahwa tiap kata memiliki sebuah arti. Jangan sungkan untuk menggunakan suara-suara lucu dan suara-suara binatang saat mendongeng untuk anak. Ini akan membantu anak Anda lebih bersemangat untuk melanjutkan ceritanya.

Tunjukkan bagaimana peristiwa dalam buku itu mirip dengan peristiwa dalam kehidupan anak sehari-hari, agar anak bersemangat dan antusias. Jika anak mengajukan pertanyaan, hentikan membaca sebentar untuk menjawab pertanyaannya. Buku cerita dapat membantu mengekspresikan pikiran anak dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Butuh kesabaran yang tinggi untuk mengajarkan cara belajar membaca anak, tapi jangan pernah menyerah. Jangan pula merasa sedih atau marah jika perkembangannya tampak lebih lambat daripada anak lainnya. 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)