Jangan Ngaku Riders Sejati Kalau Belum Tahu Fungsi dan Jenis Helm Satu Ini!

Helm Shopee
Sumber : kopisiantar.com

Ketika berkendara menggunakan sepeda motor entah itu jauh atau dekat menggunakan helm merupakan hal terpenting bagi pengendara maupun penumpang. Karena hal ini bisa menjadi salah satu tindakan preventif yang matang dalam keselamatan. Kamu pasti sering sekali melihat berbagai jenis dan bentuk helm yang dijual bahkan digunakan oleh para pengendara sepeda motor di jalan. Mungkin bagi kalian jenis helm yang digunakan oleh para pengendara motor hanya sekedar gaya-gayaan. Tetapi, sebenarnya bentuk dari macam-macam helm memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan. 

Nah, buat kamu yang ngaku sebagai riders sejati pastinya harus tahu jenis-jenis helm serta fungsi dari helm itu sendiri, kan? Jika belum tahu, yuk simak baik-baik artikelnya disini!

1. Full Face
Sumber : onvacations.co

Jenis Helm full face ini akan memberikan perlindungan penuh pada seluruh bagian kepala terutama pada tempurung kepala. Ketika kamu ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor sangat disarankan untuk menggunakan jenis helm satu ini, karena mampu melindungi kepala secara maksimal dari hujan, angin, terik panas sinar matahari hingga serangga. Sayangnya pengendara yang menggunakan helm full face ini akan membuat pandangan menjadi kurang maksimal dan kurang bebas, walaupun sebenarnya helm ini nyaman untuk digunakan berkendara.

2. Open Face
Sumber : oto.detik.com

Dengan bentuknya yang klasik tetapi tetap stylish jenis helm open face ini banyak digemari bagi para pengendara motor klasik. Helm open face kurang cocok dan bahkan tidak disarankan untuk digunakan ketika berkendara jauh, karena perlindungan pada wajah yang kurang maksimal. Selain itu juga, kini motor klasik jarang dikendarai untuk perjalanan jauh dengan adanya medan sulit yang dilaluinya. Kelebihan dari menggunakan helm open face ini pandangan lebih bebas jika dibandingkan dengan helm full face karena hanya terdapat penghalang kaca saja tanpa adanya penutup lain.

3. off Road

Sumber : motorcross295.wordpress.com

Helm off road ini khusus digunakan bagi mereka para pembalap motor cross atau biasa disebut dengan trail. Helm ini memang memberikan perlindungan yang tinggi mulai dari melindungi kepala sampai terjangan debu dan angin. Dengan bentuk bagian dagu menonjol dan diharuskan menggunakan kacamata khusus atau google untuk melindungi bagian penglihatan. 

Bentuk dari helm ini sendiri didesain sesuai dengan kegunaannya untuk melindungi pengendara dari terjadinya kecelakaan yang beresiko sangat tinggi. Bagian kepala secara keseluruhan akan terlindungi ketika menggunakan helm ini, selain itu pada bagian hidung terdapat lubang agar pengguna tidak kesulitan untuk bernafas ketika berkendara.

4. Dual Sport

 
Sumber : toptenreviews.com

Helm jenis ini juga dapat memberikan perlindungan lebih pada bagian kepala. Desain serta fungsi dari helm dual sport sendiri merupakan perpaduan antara helm jenis full face dan off road. Sehingga bagi kamu yang menyukai touring jauh antar kota maupun pulau bisa menggunakan helm jenis dual sport ini. 

Kelebihan dari helm ini terdapat pada desainnya yang mampu melindungi bagian wajah dari terjangan angin kencang, debu serta hujan, bahkan helm dual sport ini dapat mengurangi risiko terjadinya cedera ketika terjadi kecelakaan.

5. Modular -Flip Up

 
Sumber : Shopee
Helm Modular flip up ini memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan helm full face. Hanya saja untuk bagian yang berfungsi sebagai pelindung dagu pada helm ini bisa diangkat sehingga bisa berubah wujud menjadi jenis helm half face. Helm modular flip up ini juga cocok digunakan ketika sedang melakukan perjalanan jauh, karena mampu memberikan perlindungan maksimal seperti helm full face lainnya. Lebih praktisnya lagi ketika pengguna merasa haus maupun gatal pada bagian wajah tidak perlu repot-repot melepas helm. 

Memilih jenis helm yang cocok untuk digunakan tidak akan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan jika kamu tidak waspada serta berhati-hati ketika berkendara di jalan. Yang paling penting jangan sampai melanggar rambu-rambu lalu lintas dan selalu melengkapi komponen keselamatan dalam berkendara ya, guys!

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)