Lakukan Kiat Berikut Agar Cepat Pulih Pasca Menjalani Operasi


Go Apotik obat luka operasi

Operasi merupakan salah satu prosedur medis yang bertujuan untuk menangani berbagai kondisi kesehatan. Operasi tak jarang sangat ditakuti bagi orang yang menderita sakit tertentu. Karena tak jarang jika tidak berhasil dalam prosesnya akan menyebabkan kematian. Jikapun berhasil, efek pasca operasi juga akan dirasakan. Mulai dari rasa sakit dan nyeri pada luka, hingga bekas luka operasi yang akan menghiasi bagian kulit yang disayat.

Meskipun begitu, operasi juga memiliki manfaat untuk meneruskan keberlangsungan hidup. Seperti pada operasi caesar ibu-ibu yang melahirkan buah hati mereka. Juga pada beberapa orang yang menderita penyakit parah seperti kanker, operasi akan membantu dalam proses pengangkatan penyakit yang membahayakan keselamatan tubuh. Sakit yang dirasakan pasca menjalani operasi merupakan hal yang wajar terjadi. Karena obat bius yang disuntikkan ke dalam tubuh akan berkurang daya kerjanya. Anda tidak perlu khawatir merasakan luka operasi berlarut-larut, karena biasanya dokter akan meresepkan obat luka operasi untuk membantu proses penyembuhan.

Dokter pastinya akan memberikan beberapa wejangan tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan pasca operasi. Agar luka operasi cepat pulih, Anda harus mendengarkan semua petunjuk tersebut dan menjalankannya dengan baik. Karena nasehat dokter pastilah yang terbaik untuk pasiennya. Agar Anda cepat pulih pasca menjalani operasi, ada beberapa kiat yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Jangan terlalu banyak gerak.
  2. Beristirahatlah dengan cukup.
  3. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang dilarang oleh dokter.
  4. Hati-hati saat batuk agar luka sayatan bekas operasi tidak terbuka kembali dan menimbulkan infeksi.
  5. Kontrol ke dokter secara rutin.
  6. Rutin mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter, karena merupakan obat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi.
  7. Pastikan tangan dalam kondisi bersih saat menyentuh luka bekas operasi.

Beberapa kiat-kiat di atas bisa diterapkan agar cepat mengalami pemulihan pasca operasi. Hindari melakukan aktivitas berat pasca menjalani operasi. Meskipun jika Anda hanya tinggal berdua dengan suami atau saudara Anda yang lain. Hal ini karena aktivitas berat akan menguras tenaga.

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar :)